EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELING DAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP SELF CHANGE DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTA

Ni Putu Afsari Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh efektifitas konseling behavioral dengan teknik modeling dan positive reinvorcement terhadap self change ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain factorial 2 X 2 dengan melibatkan sampel sebanyak 88 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta.Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data ada dua yaitu kuesioner  self change  dan kuesioner kemandirian belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA 2 jalur dan uji lanjut menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan self change antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik modeling dan teknik positive reinforcement; (2)terdapat pengaruh interaksi antara penerapan teknik konseling dengan kemandirian belajar terhadap peningkatan self change siswa; (3) terdapat perbedaan self change antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik positive reinforcement, pada siswa kemandirian belajar tinggi; (4) terdapat perbedaan self change antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling, dan teknik positive reinforcement, pada siswa dengan kemandirian belajar rendah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.