PENGARUH MODEL KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK MODELING DAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION TERHADAP SELF-ESTEEM DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA NEGERI 3 AMLAPURA

I Gusti Ayu Agung Kusuma Wardani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis perbedaan self-esteem pada siswa yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (2) Menganalisis perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan (3) Menganalisis pengaruh interaksi antara model konseling kognitif behavioral dan jenis kelamin terhadap self-esteem; (4) Menganalisis perbedaan self-esteem pada laki-laki yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (5) Menganalisis perbedaan self-esteem pada perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (6) Menganalisis perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling; (7) Menganalisis perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik self-instruction. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan rancangan two factor design dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Amlapura tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians, dengan hasil analisis data sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan self-esteem pada siswa yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instrucion; (2) Terdapat perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan; (3) Terdapat pengaruh interaksi model konseling kognitif behavioral dan jenis kelamin terhadap self-esteem; (4) Terdapat perbedaan pada laki-laki yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (5) Tidak terdapat perbedaan self-esteem pada perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (6) Terdapat perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling; (7) Tidak terdapat perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik self-instruction.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.