PENGARUH MODEL KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK MODELING DAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION TERHADAP SELF-ESTEEM DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA NEGERI 3 AMLAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis perbedaan self-esteem pada siswa yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (2) Menganalisis perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan (3) Menganalisis pengaruh interaksi antara model konseling kognitif behavioral dan jenis kelamin terhadap self-esteem; (4) Menganalisis perbedaan self-esteem pada laki-laki yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (5) Menganalisis perbedaan self-esteem pada perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (6) Menganalisis perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling; (7) Menganalisis perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik self-instruction. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan rancangan two factor design dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Amlapura tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians, dengan hasil analisis data sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan self-esteem pada siswa yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instrucion; (2) Terdapat perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan; (3) Terdapat pengaruh interaksi model konseling kognitif behavioral dan jenis kelamin terhadap self-esteem; (4) Terdapat perbedaan pada laki-laki yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (5) Tidak terdapat perbedaan self-esteem pada perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling dan self-instruction; (6) Terdapat perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik modeling; (7) Tidak terdapat perbedaan self-esteem antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti model konseling kognitif behavioral teknik self-instruction.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
