PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Komang Mira Yutriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model konseling terhadap kecemasan belajar ditinjau dari disiplin belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 80 siswa. Sebanyak 80 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data disiplin belajar siswa dan kecemasan belajar menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava AB berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan belajar antara siswa yang  mengikuti teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik pembanjiran (Fh=90,977>Ft = 4,00). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara disiplin belajar siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik pembanjiran terhadap kecemasan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 (FAB=195,863> Ft = 4,00). Ketiga, terdapat perbedaan signifikan terhadap kecemasan belajar antara siswa yang mengikuti  teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik pembanjiran pada siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi (Qhitung=43,50> Qt = 2,83).  Keempat, terdapat perbedaan signifikan terhadap kecemasan belajar antara siswa yang mengikuti  teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik pembanjiran pada siswa yang memiliki disiplin belajar rendah (Qhitung=11,10> Qt = 2,83). 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.