PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model konseling terhadap kecemasan belajar ditinjau dari disiplin belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 80 siswa. Sebanyak 80 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data disiplin belajar siswa dan kecemasan belajar menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava AB berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan belajar antara siswa yang mengikuti teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik pembanjiran (Fh=90,977>Ft = 4,00). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara disiplin belajar siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik pembanjiran terhadap kecemasan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 (FAB=195,863> Ft = 4,00). Ketiga, terdapat perbedaan signifikan terhadap kecemasan belajar antara siswa yang mengikuti teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik pembanjiran pada siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi (Qhitung=43,50> Qt = 2,83).  Keempat, terdapat perbedaan signifikan terhadap kecemasan belajar antara siswa yang mengikuti teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik pembanjiran pada siswa yang memiliki disiplin belajar rendah (Qhitung=11,10> Qt = 2,83).Â
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
