PENGARUH MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN NEED FOR ACHIEVMENT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MENGWI

Ni Made Lasti Dwijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik asertif untuk meningkatkan need for achievment ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mengwi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Two Way Anova Faktorial Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mengwi yang berjumlah 334 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 orang siswa. Data jenis kelamin siswa diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data need for achievement diperoleh menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava Dua Jalur berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan need for achievement (N-Ach) yang signifikan antara teknik modeling dengan teknik asertif, 2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model konseling dengan jenis kelamin terhadap need for achievement (N-Ach), 3) pada siswa perempuan, terdapat perbedaan yang signifikan teknik modeling dan teknik asertif terhadap need for achievement (N-Ach), dan 4) pada siswa laki-laki, terdapat perbedaan yang signifikan teknik modeling dan teknik asertif terhadap need for achievement (N-Ach).

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.