PERBEDAAN EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK ASSERTIVE DENGAN TEKNIK SHAPPING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS XI SMA SARASWATI SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) perbedaan disiplin siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik assertive dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik shapping pada siswa kelas XI SMA Saraswati Seririt, dan 2) perbedaan percaya diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik assertive dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik shapping pada siswa kelas XI SMA Saraswati Seririt, Penelitian ini merupakan eksperimen murni dengan menggunakan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki disiplin dan percaya diri rendah dan sampel penelitiannya berjumlah 10 orang. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah disiplin dan percaya diri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis analisis non parametrik dengan teknik Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama, terdapat perbedaan disiplin siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik assertive dan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik shapping pada siswa kelas XI SMA Saraswati (F=0,009; p<0,05) dan secara perhitungan manual diperoleh hasil h hitung > h tabel (6,818>3,841). Kedua, terdapat perbedaan percaya diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik assertive dan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik shapping pada siswa kelas XI SMA Saraswati (F= 0,016; p<0,05) dan secara perhitungan manual diperoleh hasil h hitung > h tabel (5,770>3,841).
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
