EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN ASERTIF TERHADAP SELF-ADJUSMENT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ni Made Suandani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan Self Adjusment  antara siswa yang mengikuti teori konseling behavioral teknik modeling dengan teknik latihan asertif. (2) Pengaruh interaksi antara penerapan teknik konseling dengan jenis kelamin terhadap peningkatan self adjustment. (3) Perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif  siswa laki –laki. (4) Perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif  siswa perempuan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3Abiansemal, dengan populasi seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 573 siswa. Data self adjusment siswa dikumpulkan melalui kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji Anava dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan Self Adjusment  antara siswa yang mengikuti teori konseling behavioral teknik modeling dengan teknik latihan asertif. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan teknik konseling dengan jenis kelamin terhadap peningkatan self adjustment. (3) Terdapat perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif  siswa laki –laki. (4) Terdapat perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif  siswa perempuan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.