EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN ASERTIF TERHADAP SELF-ADJUSMENT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan Self Adjusment  antara siswa yang mengikuti teori konseling behavioral teknik modeling dengan teknik latihan asertif. (2) Pengaruh interaksi antara penerapan teknik konseling dengan jenis kelamin terhadap peningkatan self adjustment. (3) Perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif siswa laki –laki. (4) Perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif siswa perempuan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan The Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3Abiansemal, dengan populasi seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 573 siswa. Data self adjusment siswa dikumpulkan melalui kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji Anava dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan Self Adjusment  antara siswa yang mengikuti teori konseling behavioral teknik modeling dengan teknik latihan asertif. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan teknik konseling dengan jenis kelamin terhadap peningkatan self adjustment. (3) Terdapat perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif siswa laki –laki. (4) Terdapat perbedaan self adjustment antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling dan latihan asertif siswa perempuan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
