PENGARUH KONSELING TRAIT AND FACTOR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI (EMOTIONAL INTELLEGENCE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel, yaitu: (1) konseling trait and factor, dan (2) pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap kecerdasan emosi (emotional intellegence). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Ganesha Denpasar yang berjumlah 10 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling,yang mengambil sampel siswa kelas 7 SMP Ganesha Denpasar. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian pra eksperimendengan desain One Case-Shot Study. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner kecerdasan emosi (emotional intellegence). Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh implementasi konseling trait and factor terhadap kecerdasan emosi (emotional intellegence). (2) terdapat pengaruh implementasi konseling trait and factor terhadap kecerdasan emosi (emotional intellegence) pada pola asuh acceptance. (3) terdapat pengaruh implementasi konseling trait and factor terhadap kecerdasan emosi (emotional intellegence) pada pola asuh rejection. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan , bahwa terdapat pengaruh implementasi konseling trait and factor dan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosi, baik secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian, kedua faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecerdasan emosi (emotional intellegence) pada siswa kelas 7 SMP Ganesha Denpasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.