PENGARUH KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL STRATEGI SELF-MANAGEMENT DAN SELF-INSTRUCTION TERHADAP SELF-ACHIEVEMENT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 5 DENPASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cognitive behavioral strategi self-management dan self-instruction terhadap self-achievement ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VIII SMP PGRI 5 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain factorial 2 X 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 698 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang siswa. Masing-masing kelompok terdiri dari 14 siswa, dimana setiap kelompok dibagi menjadi kelompok siswa perempuan dan laki-laki. Penentuan jumlah siswa perempuan maupun laki-laki pada setiap kelompok dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Data self achievement siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan self-achievement antara siswa yang mengikuti konseling cognitive behavioral strategi self-management dan self-instruction, (2) terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling cognitive behavioral dengan strategi self-management dan self-instruction pada siswa perempuan, (3) terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling cognitive behavioral dengan strategi self-management dan self-instruction pada siswa laki-laki, dan (4) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan strategi konseling dengan jenis kelamin terhadap self-achievement siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
