PENGARUH KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL STRATEGI SELF-MANAGEMENT DAN SELF-INSTRUCTION TERHADAP SELF-ACHIEVEMENT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 5 DENPASAR

1Ni Nyoman Oktavia Ayu S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  cognitive behavioral strategi self-management dan self-instruction terhadap self-achievement ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VIII SMP PGRI 5 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain factorial 2 X 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 698 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang siswa. Masing-masing kelompok terdiri dari 14 siswa, dimana setiap kelompok dibagi menjadi kelompok siswa perempuan dan laki-laki. Penentuan jumlah siswa perempuan maupun laki-laki pada setiap kelompok dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Data self achievement siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan self-achievement antara siswa yang mengikuti konseling cognitive behavioral strategi self-management dan self-instruction, (2) terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling cognitive behavioral dengan strategi self-management dan self-instruction pada siswa perempuan, (3) terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling cognitive behavioral dengan strategi self-management dan self-instruction pada siswa laki-laki, dan (4) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan strategi konseling dengan jenis kelamin terhadap  self-achievement siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.