PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL STRATEGI SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK SHAPING TERHADAP SELF DEFFERENCE DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MENGWI

made Arini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Konseling Behavioral  Strategi Self Management  dan Teknik Shaping Terhadap  Self  Deffrence Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa.Disain penelitian the posttes-only control group design digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah 80 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi tahun pelajaran 2015/2016 yang terbagi dalam empat kelompok. Selanjutnya data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan buku harian. Teknik  analisis  yang  digunakan  adalah  ANAVA dua jalur dan uji lanjut menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) apakah terdapat perbedaan tingkat self Defference antara siswa yang diberikan model konseling behavioral pada Strategi Self Management dengan siswa yang diberikan konseling teknik Shaping (Fh= 4,20>Ft = 3,96), (2)   apakah   terdapat   pengaruh   interaksi   antara   implementasi   model konseling  behavioral  pada  Strategi Self Manangement  dan  Teknik Shaping  dengan jenis kelamin siswa terhadap Self Defference (Fh= 17,59>Ft = 3,96) ,(3)  Pada  siswa  laki-laki,  apakah  terdapat  perbedaan tingkat  self  Defference  antara  siswa  yang  diberikan  konseling behavioral  pada  Strategi Self Management  dengan siswa yang diberikan konseling teknik Shaping  (Qh= 21,4>Qt=2,950), (4) Pada siswa  perempuan,  apakah  terdapat  perbedaan  tingkat  self  Defference antara siswa yang diberikan  konseling behavioral pada strategi self management  dengan siswa  yang  diberikan  konseling  teknik shaping  (Qh= 78,9> Qt =2,950).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.