PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DAN KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN AKTUALISASI DIRI SISWA YANG MEMILIKI PRESTASI BELAJAR RENDAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis perbedaan pengaruh motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan siswa yang mengikuti konseling eksistensial humanistik, (2) menganalisis perbedaan pengaruh aktualisasi diri antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan siswa yang mengikuti konseling eksistensial humanistik, (3) menganalisis perbedaan pengaruh motivasi berprestasi dan aktualisasi diri secara simultan antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan siswa yang mengikuti konseling eksistensial humanistik.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 2x1 single factor independent group design. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistic deskriptif dan MANOVA satu jalur.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan variabel motivasi berprestasi antara kelompok siswa yang mengikuti konseling behavioral (KB) dengan kelompok siswa yang mengikuti konseling eksistensial humanistik (KEH) (F=6,886; p<0,05). Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan variabel aktualisasi diri antara kelompok siswa yang mengikuti konseling behavioral (KB) dengan kelompok siswa yang mengikuti konseling eksistensial humanistik (KEH) (F=10,714; p<0,05). Ketiga, terdapat perbedaan pengaruh antara penerapan konseling behavioral dan konseling eksistensial humanistik terhadap motivasi berprestasi dan aktualisasi diri siswa secara simultan (F=6,606; p<0,05). Artinya, motivasi berprestasi dan aktualisasi diri secara bersama-sama menunjukkan perbedaan yang signifikan antar penerapan konseling. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioral (KB) lebih berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi dan aktualisasi diri siswa daripada penerapan konseling eksistensial humanistik (KEH).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
