PENGARUH PENDEKATAN KONSELING KOGNITIF STRATEGI SELF MANAGEMENT YATES DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT CORMIER&CORMIER TERHADAP SELF ACHIEVEMENT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan konseling kognitif dengan strategi self management Yates dengan strategi self management Cormier&Cormier terhadap self achievement ditinjau dari tipe kepribadian. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik  simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan desain 2x2 faktorial dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh konseling kognitif antara strategi self management Yates dengan strategi self management Cormier&Cormier terhadap self achievement siswa (F=4.800; p>0,05). (2) Terdapat perbedaan self achievement antara siswa bertipe kepribadian ekstrovert dan siswa bertipe kepribadian introvert (F=4.800; p>0,05). (3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan konseling kognitif dengan strategi self management Yates dan strategi self management Cormier&Cormier dengan tipe kepribadian terhadap self achievement (F=4.800; p>0,05). (4) Terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling kognitif dengan strategi self management Yates dengan strategi self management Cormier&Cormier yang bertipe kepribadian ekstrovert (t=2,639 ; α<2.048). (5) Tidak terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling kognitif dengan strategi self management Yates dengan strategi self management Cormier&Cormier yang bertipe kepribadian introvert (t=0.1,469 ; α<2.048).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
