PENGARUH PENDEKATAN KONSELING KOGNITIF STRATEGI SELF MANAGEMENT YATES DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT CORMIER&CORMIER TERHADAP SELF ACHIEVEMENT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

Gusti Agung Biomantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan konseling kognitif dengan strategi self management Yates dengan strategi self management Cormier&Cormier terhadap self achievement ditinjau dari tipe kepribadian. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik  simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan desain 2x2 faktorial dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh konseling kognitif antara strategi  self management Yates dengan strategi  self management Cormier&Cormier terhadap self achievement siswa (F=4.800; p>0,05). (2) Terdapat perbedaan self achievement antara siswa bertipe kepribadian ekstrovert dan siswa bertipe kepribadian introvert (F=4.800; p>0,05). (3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan konseling kognitif dengan strategi  self management Yates dan strategi  self management Cormier&Cormier dengan tipe kepribadian terhadap self achievement (F=4.800; p>0,05). (4) Terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling kognitif dengan strategi  self management Yates dengan strategi  self management Cormier&Cormier yang bertipe kepribadian ekstrovert (t=2,639 ; α<2.048). (5) Tidak terdapat perbedaan self achievement antara siswa yang mengikuti konseling kognitif dengan strategi  self management Yates dengan strategi  self management Cormier&Cormier yang bertipe  kepribadian introvert (t=0.1,469 ; α<2.048).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.