PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASERTIVE TRAINING DAN TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MENGWI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral dengan teknik asertive training dan teknik token economy terhadap perilaku prososial ditinjau dari jenis kelamin pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Mengwi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang memiliki perilaku prososial rendah yang berjumlah 34 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 28 orang siswa dengan menggunakan 2 kelompok eksperimen. Masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan laki-laki. Penelitian ini menggunakan desain factorial 2 X 2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon (Uji Jenjang Berlapis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan perilaku prososial antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik asertive training dengan siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik token economy (2) terdapat perbedaan perilaku prososial antara siswa perempuan yang mengikuti konseling behavioral teknik asertive training dengan siswa perempuan yang mengikuti konseling behavioral teknik token economy (3) terdapat perbedaan perilaku prososial antara siswa laki-laki yang mengikuti konseling behavioral teknik asertive training dengan siswa perempuan yang mengikuti konseling behavioral teknik token economy (4) terdapat interaksi antara konseling behavioral dengan jenis kelamin terhadap perilaku prososial karena dalam mengembangkan perilaku prososial konseling behavioral teknik asertive training lebih efektif pada siswa laki-laki, sedangkan konseling behavioral teknik token economy lebih efektif pada siswa perempuan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
