TEKNIK DIALOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DAN KEMATANGAN KARIR PADA KARYAWAN CV. UMA SAPTA ARCITECTUR

Silvanus Wicaksono Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas konseling Traid and Factor dengan teknik dialog dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir dan kematangan karir pada karyawan CV Uma Sapta Arcitectur. Penelitian ini dilakukan di Kantor CV Uma Sapta Arcitectur, kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan 20 karyawan yaitu Melalui penyebaran data kuesioner dalam bentuk Instrument keputusan karir dan kematangan karir dengan 40 butir kuesioner. Dengan menggunakan uji asumsi analisis One Group Pretest Post test Design dengan uji t-tes dengan bantuan rumus SPSS 15.00 for Windows terdapat data sebagai berikut pretest keputusan karir karyawan dengan hasil penyebaran kuesioner 4 orang tinggi dengan frekuensi (20,0%), 7 orang cukup dengan frekuensi (35,0%), 9 orang rendah dengan frekuensi (45,0%). Selanjutnya post test keputusan karir didapat data sebagai berikut, 11 orang tinggi dengan frekuensi (55,0%), 4 orang cukup dengan frekuensi (20,0%), 5 orang rendah dengan frekuensi (25,0%), dari hasil berikut terdapat peningkatan keputusan karir karyawan. Selanjutnya data pre test kematangan karir didapatkan data sebagai berikut, 3 orang tinggi dengan frekuensi (15,0%), 14 orang cukup dengan frekuensi (70,0%), 3 orang rendah dengan frekuensi (15,0%), selanjutnya post test kematangan karir didapatkan data sebagai berikut, 7 orang tinggi dengan frekuensi (35,0%), 13 orang cukup dengan frekuensi (65,0%). Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut : (1) Konseling Trait and Factor dengan teknik dialog efektif meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir karyawan CV.Uma Sapta Arcitectur. (2) Konseling Traid and Factor dengan teknik dialog efektif meningkatkan kematangan karir karyawan CV.Uma Sapta Arcitectur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.