EFEKTIVITAS KONSELING TRAIT AND FACTOR DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG DAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE TEKNIK KOGNITIF TERHADAP KONSEP DIRI DAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI MIA SMA PGRI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dan konseling Rational Emotive teknik kognitif terhadap konsep diri dan kematangan karir siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 2 Denpasar, Kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan siswa dua kelas dengan jumlah 37 orang untuk kelas kontrol dan 38 orang untuk kelas eksperimen, subyek diambil dengan cara group random sampling. Data konsep diri dan kematangan karir dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Kuesioner konsep diri terdiri dari 45 butir dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,38 s.d r = 0,81 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach = 0,95. Sedangkan kuesioner kematangan karir terdiri dari 46 butir dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,34 s.d r = 0,64 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach = 0,73. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan MANOVA. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan konsep diri siswa yang ditreatment dengan konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dengan siswa yang ditreatment dengan konseling Rational Emotive teknik kognitif. (2) Terdapat perbedaan kematangan karir siswa yang ditreatment dengan konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dengan siswa yang ditreatment dengan konseling Rational Emotive teknik kognitif. (3) Terdapat perbedaan secara simultan konsep diri dan kematangan karir siswa yang ditreatment dengan konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dengan siswa yang ditreatment dengan konseling Rational Emotive teknik kognitif pada siswa kelas XI MIA SMA PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
