EFEKTIVITAS KONSELING TRAIT AND FACTOR DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG DAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE TEKNIK KOGNITIF TERHADAP KONSEP DIRI DAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI MIA SMA PGRI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Wayan Gede Mahardijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dan konseling Rational Emotive teknik kognitif terhadap konsep diri dan kematangan karir siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 2 Denpasar, Kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan siswa dua kelas dengan jumlah 37 orang untuk kelas kontrol dan 38 orang untuk kelas eksperimen, subyek diambil dengan cara group random sampling. Data konsep diri dan kematangan karir dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Kuesioner konsep diri terdiri dari 45 butir dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,38 s.d r = 0,81 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach = 0,95. Sedangkan kuesioner kematangan karir terdiri dari 46 butir dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,34 s.d r = 0,64 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach = 0,73. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan MANOVA. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Terdapat perbedaan konsep diri siswa yang ditreatment dengan konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dengan siswa yang ditreatment dengan konseling Rational Emotive teknik kognitif. (2) Terdapat perbedaan kematangan karir siswa yang ditreatment dengan konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dengan siswa yang ditreatment dengan konseling Rational Emotive teknik kognitif. (3) Terdapat perbedaan secara simultan konsep diri dan kematangan karir siswa yang ditreatment dengan konseling Trait and Factor teknik permainan dialog dengan siswa yang ditreatment dengan konseling Rational Emotive teknik kognitif pada siswa kelas XI MIA SMA PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.