STUDI KOMPARATIF PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PENGUATAN POSITIF DAN TEKNIK PENCONTOHAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perbedaan penyesuaian diri dan kepercayaan diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral tehnik penguatan positif dengan yang mengikuti tehnik percontohan pada siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan. (2) Mendeskripsikan perbedaan penyesuaian diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral tehnik penguatan positif dengan yang mengikuti tehnik percontohan pada siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan. (3) Mendeskripsikan kepercayaan diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral tehnik penguatan positif dengan yang mengikuti tehnik percontohan pada siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan. Penelitian eksperimen semu ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kubutambahan tahun pelajaran 2015/2016, dengan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan kelas X dengan jumlah siswa 220 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster teknik sampling. Dari hasil pengundian didapatkan kelas X KP 2 (28 orang) dan X FR 1 (23 orang) sebagai kelompok eksperimen dan kelas X KP 1 (23 orang) dan X FR 2 (25 orang) sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan dengan dua tes yaitu tes penyesuaian diri dan tes kepercayaan diri. Data yang diperoleh dari hasil penelitian terkait ketiga rumusan masalah diuji dengan analisis multivariate analisis of variance (MANOVA). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut (1) terdapat perbedaan penyesuaian diri dan kepercayaan diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik penguatan positif dengan yang mengikuti teknik percontohan pada siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan. Fhitung = 101,602 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) (2) terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik penguatan positif dengan yang mengikuti teknik percontohan pada siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan”. Fhitung = 48.004 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). (3) terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa antara siswa yang mengikuti konseling behavioral teknik penguatan positif dengan yang mengikuti teknik percontohan pada siswa SMK Negeri 1 Kubutambahan”, Fhitung = 203.447 dengan taraf signifikansi 0,001 (p<0,05).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.