HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Ajeng Retno Utami, Suhendri Suhendri, Primaningrum Dian

Abstract


Kreativitas guru merupakan suatu usaha dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan tujuan supaya siswa menjadi termotivasi mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengelolaan proses belajar mengajar yang didukung oleh kreativitas guru dapat mencapai keberhasilan ketika proses pembelajaran. hasil belajar adalah hasil yang diperoleh melalui usaha dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan suatu perubahan berupa penguasaan sejumlah pengetahuan, perubahan sikap dan keterampilan. Hasil yang diperoleh siswa dapat ditunjukkan melalui evaluasi yang diberikan oleh guru disetiap selesai memberikan materi pelajaran, sebagai pembuktian tingkat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kreativitas guru dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Godong. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas berdasarkan angka koefisien korelasinya, subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 1 Godong. Populasi dalam penelitian ini berjumah 132 siswa dengan sampel 99 siswa dan 30 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling. Berdasarkan nilai rxy dapat diketahui antara kreativitas guru dan hasil belajar siswa memiliki korelasi yang signifikan.

Kata kunci  :   Kreativitas Guru, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aisyah, dkk. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Profit. Vol. 4, No. 1.

Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal SAP. Vol. 1, No. 2.

Djamarah, Syaiful B., dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Monawati dan Fauzi. 2018. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 6, No.2.

Nazir. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nursalim. 2018. Manajemen Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Resti, Yolanda K. Dan Alizamar. 2019. Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Basicedu. Vol. 3, No. 2.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widodo dan Widayanti, Lusi. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. Vol. 17, No. 49.

Yusuf, A., dan Nurihsan, Juntika. 2012. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.