ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat pengambilan keputusan karir siswa di SMK Pelita Nusantara 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclucion drawing. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penghambat pengambilan keputusan karir siswa SMK Pelita Nusantara 2 Semarang adalah ingin melakukan kegiatan yang mendukung bidang karirnya sebaik mungkin sesuai dengan potensi yang dimiliki, dan tidak menyia-nyiakan peluang karir yang ada. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan bagi siswa, hendaknya siswa fokus pada faktor penghambat pengambilan keputusan karirnya yaitu ingin melakukan kegiatan yang mendukung bidang karirnya sebaik mungkin sesuai potensi yang dimiliki dan tidak menyia-nyiakan peluang karir yang ada agar siswa dapat mengambil keputusan karir dengan tepat.
Kata kunci :  Faktor Penghambat, Pengambilan Keputusan Karir.
References
Aslamiyah, Suaibatul. 2017. Konseling Individu Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Perilaku Pengembangan Potensi Diri Di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Konselng. Vol. 3 No.2
Atmoko, Dwi Irfan. 2012. Implementasi Program On The Job Training (OJT) Dalam Mempersiapkan Siswa SMK Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 7 No. 2
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan Edisi 3.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusumaningtyas, Ersta Lydia. 2016. Peran Bimbingan Karir Dalam Pemilihan Jenis Pekerjaan Siswa Kelas XII SMK Kristen Simo Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2015-2016. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 11 No. 1
Kristiono, Sri Wahyu. 2018. Peran Kelompok Teman Sebaya Dalam Menentukan Pengambilan Keputusan karir Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 4 No. 10
Saebani, Beni Ahmad dan Afifudin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Setiyadi, Fajar Deni. 2019. Analisis Dampak Ekstrakurikuler Terhadap Potensi Diri Siswa Di SMKN 1 Bawang Banjarnegara. Jurnal Bimbingan Konseling.Vol. 14 No. 2
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, Mamat. 2009. Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah.Bandung.
Wardhani, Kusuma Rosita. 2017. Peningkatan Kualitas Praktik Keja Industri (Prakerin) Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Depok Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 12 No.3
Winkel, W.S danSri Hastuti, M.M. 2013.Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Downloads
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
