Efektivitas Konseling Humanistik dengan Teknik Modelling untuk meningkatkan Self Exhibition siswa

Luh De Indrayani, I Ketut Dharsana, Kadek Suranata

Abstract


Dalam pengamatan peneliti menunjukkan bahwa beberapa siswa menunjukkan pameran diri yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan self exhibition antara siswa yang mengikuti konseling humanistik teknik modeling dengan siswa yang tidak mengikuti konseling humanistik teknik modeling dan untuk mengetahui keefektivitas layanan konseling humanistic dengan teknik modelling terhadap self exhibition siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Randomised Controlled Trials (RCT). Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMK Negeri. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X AKL D dan kelas X AKL C. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji T-Test dan Efect Size yang dibantu dengan program SPSS 21 Windows. Instrument Pengumpulan data menggunakan data Observasi, Wawancara, Buku Harian dan Kuisioner. Hasil dari kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang mengikuti konseling humanistik teknik modeling dengan siswa yang tidak mengikuti konseling humanistik teknik modeling dan konseling humanistic dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan Self Exhibition siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa hasil penerapan teknik pemodelan diharapkan dapat membantu mengarahkan perilaku siswa dan bersedia meniru hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Arnikawati, Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII A2 SMP Negeri 4 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Corey, G. (2008). Theory and Practice of Counseling and Psychotheraphy (Eighth; M. Flemming, Ed.).

Corey, G. (2011). Theory and Practice of Group Counseling (Eighth Edi; S. Dobin, A. Petty, & S. Kincaid, Eds.).

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian (P. Christian, Ed.). C.V ANDI OFFSET.

Dharsana, I. K. I. K., Dharsana, I. K., Sudarsana, G. N., Suarni, N. K., Paramartha, W. E., Tirka, I. W., & Rismawan, K. S. G. (2019, December). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermería Clínica, 30, 206-208.

Dharsana, K. (2013). Modul Teori-Teori Konseling. In Jurusan Bimbingan Konseling, FIP UNDIKSHA. Singaraja.

Dharsana, K. (2015a). RPBK Seri 1 Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, KonselingKelompok, Konseling Individu Untuk Pengembangan Variabel Terikat Bakat Verbal. In Singaraja: BK FIP Undiksha.

Dharsana, K. (2015b). Seri RPBK untuk Pengembangan Variabel Terikat Self-1 (Achievment, Defference, Order, Exhibition, & Autonomy). Singaraja: Undiksha Press.

Dharsana, K. (2016a). Dasar-dasar BK. Singaraja: Undiksha Press.

Dharsana, K. (2016b). Model-Model Teori Teknik Skill Bimbingan Konseling. Singaraja: BK FIP Undiksha.

Dharsana, K. (2017). Teori-Teori Konseling.

Jadad, A. R., & Enkin, M. W. (2007). Randomized Controlled Trials. Blackwell Publishing.

Jayanti, K. K., Dantes, N., & Gading, K. (2019). Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Exhibition. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 98–104. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Kurniawati, N. (2013). Peningkatan Keterampilan Menceritakan Pengalaman Pribadi Dengan Model Inkuiri Terpimpin Berpasangan Sebagai Penumbuhkembangan Karakter Siswa Kelas Vii-B Smpn 2 Sukorejo (p. 25). p. 25.

Lastrini, K., Tirka, W., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study terhadap Self Exhibition. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 32–40. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Mulyani, & Yusuf L.N., S. (2016). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Control (Studi Deskriptif Terhadap Peserta Didik Kelas XI SMK Sangkuriang 1 Cimahi Tahun Ajaran 2014/2015). Journal Universitas Pendidikan Indonesia.

Nursuprianah, I., & Fitriyah A., R. A. (2011). Hubungan Pola Berpikir Logis Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa.

Primayanti, N. komang H., Madri Antari, N. N., & Dantes, N. (2014). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswakelas VIII B SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Psikodemia. (2005). Pendekatan Humanistik Dalam Psikologi Klinis. Pusat Materi Ilmu Psikologi, 1–5. Retrieved from http://psikodemia.com

Puspitasari, S. F. I. (2015). Kebutuhan Remaja untuk Mengirim Foto atau Video di Instagram. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 461–472.

Rahmanadji, D. (2007). Sejarah, teori, jenis, dan fungsi humor. BAHASA DAN SENI, (2), 213–221.

Sanisca Nanda, I. A., Dantes, N., & Madri Antari, N. (2013). Pengaruh Implementasi Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa Teralienasi Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/761

Sudani, N. K., Suarni, N. K., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).

Tuapattinaja, J. M. R., & Saragih, J. I. (2016). Gambaran profil EPPS pada mahasiswa USU (EPPS profile of USU students). Psikologia: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi, 11(1), 37–46. Retrieved from www.jurnal.usu.ac.id/psikologia

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. Bin. (2017). Teknik Modeling Simbolis dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 84–92.

Widya Ayu, L. P., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Meditasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas X TITL 3 SMK Negeri 3 Singajara. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Yani, N. L. G., Dharsana, I. K., & Suranata., K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Proaktif Siswa Kelas X BB Sma Negeri 2 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Zulfikar, Hariko, R., Muwakhidah, & Aritonang, N. (2017). Konseling Humanistik : Sebuah Tinjauan Filosofi. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 146–151. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1655


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.