Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk meningkatkan self autonomy siswa di SMK N 1 Singaraja. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK N 1 Singaraja diperoleh bahwa beberapa siswa menujukkan Self Autonomy rendah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian Randomize Controlled Trial. Pengambilan sampel dilakukan secara random (random sampling) dengan populasi siswa yaitu siswa kelas X di SMK N 1 Singaraja. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t dan effect size. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil yang siginifikan antara kelompok eksperimenadanakelompok kontrol setelah diberikan treatmen dan efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk meningkatkan self autonomy siswa di SMK N 1 Singaraja. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan self autonomy siswa dan sebagai referensi bagi guru bk atau konselor dalam meningkatkan self autonomy siswaDownloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
