Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Agresif Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada

Ari Pradnyani, I Ketut Gading, I Ketut Dharsana

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk meminimalisasi perilaku aggresif siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-post-test control group design dengan follow up. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan memilih secara acak 2 kelas dari 6 kelas anggota populasi. Adapun yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IBB1 sebagai kelas control. Data tentang perilaku agresif dikumpulkan dengan kuesioner perilaku agresi (KPA) Untuk menguji hipotesis data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk meminimalisasi perilaku agresif siswa (t = 4.306; p = 0,000).

 


Keywords


Konseling Behavioral, Teknik Modeling, Perilaku Agresif

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1978). Social Learning Theory of Aggression. Journal of Communication, Summer 1978. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-045337-8.00057-7

Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychoteraphy.

Dharsana, I. K., Nugraha Sudarsana, G., Ketut Suarni, N., Eka Paramartha, W., Tirka, I. W., & Satya Gita Rismawan, K. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. 382(Icet), 62–64. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.15

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Nugraha Sudarsana, G., Eka Paramartha, W., & Mardiana, A. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermería Clínica, 30, 206–208. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079

Otte, S., Streb, J., Rasche, K., Franke, I., Segmiller, F., Nigel, S., … Dudeck, M. (2019). Self-aggression, reactive aggression, and spontaneous aggression: Mediating effects of self-esteem and psychopathology. Aggressive Behavior, 45(4), 408–416. https://doi.org/10.1002/ab.21825

Putri, J., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Pengaruh Konseling Gestalt dengan Teknik Permainan Dialog untuk Meminimalisir Self Aggresion. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Razieh Tadayon Nabavi. (2016). Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Theories of Developmental Psychology Title : Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Razieh Tadayon Nabavi. (January 2012).

Sloan, P. A., Berman, M. E., Zeigler-Hill, V., Greer, T. F., & Mae, L. (2006). Group norms and self-aggressive behavior. Journal of Social and Clinical Psychology, 25(10), 1107–1121. https://doi.org/10.1521/jscp.2006.25.10.1107

Sukmayanti, I. A., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Konseling Behavioral dengan Teknik Shaping melalui Setting Lesson Study untuk Meminimalisir Self Aggression. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Wiladantika, K. P., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksa, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3717


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.