Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Agresif Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk meminimalisasi perilaku aggresif siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-post-test control group design dengan follow up. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan memilih secara acak 2 kelas dari 6 kelas anggota populasi. Adapun yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IBB1 sebagai kelas control. Data tentang perilaku agresif dikumpulkan dengan kuesioner perilaku agresi (KPA) Untuk menguji hipotesis data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk meminimalisasi perilaku agresif siswa (t = 4.306; p = 0,000).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. (1978). Social Learning Theory of Aggression. Journal of Communication, Summer 1978. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-045337-8.00057-7
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychoteraphy.
Dharsana, I. K., Nugraha Sudarsana, G., Ketut Suarni, N., Eka Paramartha, W., Tirka, I. W., & Satya Gita Rismawan, K. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. 382(Icet), 62–64. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.15
Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Nugraha Sudarsana, G., Eka Paramartha, W., & Mardiana, A. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermería Clínica, 30, 206–208. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079
Otte, S., Streb, J., Rasche, K., Franke, I., Segmiller, F., Nigel, S., … Dudeck, M. (2019). Self-aggression, reactive aggression, and spontaneous aggression: Mediating effects of self-esteem and psychopathology. Aggressive Behavior, 45(4), 408–416. https://doi.org/10.1002/ab.21825
Putri, J., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Pengaruh Konseling Gestalt dengan Teknik Permainan Dialog untuk Meminimalisir Self Aggresion. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
Razieh Tadayon Nabavi. (2016). Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Theories of Developmental Psychology Title : Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory Razieh Tadayon Nabavi. (January 2012).
Sloan, P. A., Berman, M. E., Zeigler-Hill, V., Greer, T. F., & Mae, L. (2006). Group norms and self-aggressive behavior. Journal of Social and Clinical Psychology, 25(10), 1107–1121. https://doi.org/10.1521/jscp.2006.25.10.1107
Sukmayanti, I. A., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Konseling Behavioral dengan Teknik Shaping melalui Setting Lesson Study untuk Meminimalisir Self Aggression. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
Wiladantika, K. P., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksa, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.