Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Self Achievment Siswa

Yuli Artini, Kadek Suranata, I Ketut Dharsana

Abstract


Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negri dengan subjek penelitian siswa kelas X dengan jumlah 39 orang. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X yang mengalami self achievement rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan self achievement siswa. Penelitian eksperimen menggunakan pretest-postet Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel penelitian ini terdiri dari 77 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu melalui teknik purposive sampling, 39 siswa di tetapkan sebagi kelompok eksperimen yaitu kelas X IBB 1 dan 38 siswa merupakan kelompok kontrol yaitu kelas X IPS 1. Data penelitian ini dianalisis dengan independent sampel t-test menggunakan aplikasi software JASP dan d’Cohen untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil penelitian mendapatkan t = 24.95, p < 0.05. Pengujian Effect Size (ES) menunjukkan keefektifan yang tinggi = (ES 5.69 ). Hasil tersebut membuktikan bahwa: (1) Self Achivement siswa sebelum diberikan konseling behavioral teknik self management berada pada kategori rendah, sedeangkan setelah diberikan konseling behavioral teknik self management mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. Konseling behavioral teknik self management efektif untuk meningkatkan self achievement siswa. Untuk itu kepada guru BK diharapkan menggunakan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan self aschievment siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2014). Hakikat Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini. Modul, 1, 1–31.

Ayriza, Y. (2009). Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi Sosial Bagi Guru Bimbingan Konseling Untuk Menghadapi Bencana Alam. Jurnal Kependidikan, 39(2), 141–156.

Azhar. (2019). Efektivitas Model Konseling Behavioral Pavlov dengan Teknik Classical Conditioning untuk Meningkatkan Self Achievement Dimas, 10(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Budiman, S. N. dan N. (2005). Teknik Self-Management Dalam Mereduksi Body Dysmorphic Disorder, 13–39.

Chotim, M. (2016). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja Halimatus S a ’ diyah * Diana Ariswanti Triningtyas ** Abstrak. Jurnal Ilmiah Counsellia, 6, 67–78.

Cory, G. (2015). Theory And Paractice Of Counseling And Psychotherapy (ISBN: 978-).

Cahyuni. (2019). Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Achievement, 10(2), 82–86. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Dharsana. (2014). Model-Model Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling untuk Penulisan RPBK, Proposal, Sripsi. Tesis. Singaraja: BK FIP UNDIKSHA.

Dharsana. (2014). Model-Model Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling untuk Penulisan RPBK, Proposal, Sripsi. Tesis. Singaraja: BK FIP UNDIKSHA.

Dharsana. (2015). RPBK Seri 1 Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, KonselingKelompok, Konseling Individu Untuk Pengembangan Variabel Terikat. BK FIP Undiksha.

Dharsana. (2018). The Influence of Behavioral Counseling Theory with the Technique of Modeling Setting Lesson Study on Self Endurance Class X Students Accommodation in Hospitality 5 Public High School 2, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Dharsana. (2019). The Effectiveness Of The Transactional Analysis With Role Playing Technique To Improve Self-Affiliation, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.23887/Open

Dharsana, 2014. (2014). Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja, (1).

Dharsana, I. K. (2019). Effectiveness of Self Monitoring Techniques to Improve Self Order of Student, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/25

Dharsana, K. (2017). Effect of Behavioral Counseling with Shaping Techniques and Assertive Exercises on Student Self Affiliation Pendahuluan, 1(2), 97–106.

Dharsana, Ketut. (2015). RPBK Seri 1 Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, KonselingKelompok, Konseling Individu Untuk Pengembangan Variabel Terikat Bakat Verbal. Singaraja: BK FIP Undiksha.

Dharsana, Ketut. (2017). Mikro Konseling. singaraja: Bk Fip Undiksha.

Dharsana, Ketut. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Succorance Melalui Lesson Study Siswa Kelas VIII . 4 Pendahuluan, 2(2), 64–69. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Dharsana, I. K. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression, 382(Icet), 62–64. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Cognitive+Counseling+with+Reframing+Techniques+to+Intervene+in+Self+Aggression&btnG=

Dharsana, I. K. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents, 30(Icet), 206–208. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Cognitive-Behavioral+Therapy+counseling+in+developing+Cross-Gender+Friendship+in+adolescents&btnG=

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (n.d.). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermería Clínica, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079

Dini, A. (2013). Pengaruh Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Terhadap Kenakalan Remaja Anggota Geng Rabu Gaul Di Sma Negeri 8 Balikpapan.

Hariyanto. (2019). Mengatasi perilaku membolos melalui konseling individual dengan pendekatan behavior teknik self- management pada siswa kelas xii tsm smk pgri 1 pogalan trenggalek, 3(1), 19–27.

Indryaningsih. (2014). Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–12.

Koyan, W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha Press.

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sma. Jurnal Psikologi Pendidikan & KonselinG, 1(1), 1–8.

Nurazmi. (2016). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang, Indo- Nesia Info, 5(4).

Prasetyo, I. (2013). need for achievement ).

Safitri, A. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Strategi Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Viii B Di Smp Negeri 1 Rengel Tuban. Unesa Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Salah, 1–11.

Sanyata, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. Jurnal Paradigma, VII(14), 1–11. Retrieved from staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sigit Sanyata, M.Pd./B.1c.Artikel Ilmiah-Teori dan Aplikasi Behavioristik dalam Konseling.pdf

Sanyata, S. (2013). Paradigma Bimbingan Dan Konseling: Pergeseran Orientasi Dari Terapeutik-Klinis Ke Preventif- Perkembangan, (15), 1–9.

Sepfitri, N. (2011). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi siswa man 6 jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2011.

Sulthon. (2018). Mengatasi Kenakalan Pada Siswa Melalui Pendekatan Konseling Behavioral. Journal of Guidance and Counseling, 2, 46–66.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan karier di SMK. Dalam e-book.

Suryaningsih. (2015). Konseling Motivasi Berprestasi Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas UV Sekolah Dasar Se-Gugus 4 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun 2014/2015, 1–148.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK, 1, 5–9.

Suarni, K. (2013). Penerapan Konseling Behavioral Teknik Asertif Untuk Meminimalisir Munculnya Perilaku Prokrastinasi Akademik Kelas X 4 Sma Laboratorium Undiksha. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha,1.Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jibk.V1i1.771


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.