Konseling Kognitif Behavioral Dengan Teknik Restrukturisasi Pikiran Untuk Meningkatkan Self Defference Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling Kognitif Behavioral Dengan Teknik Restrukturisasi Pikiran Untuk meningkatkan Self Defference pada siswa kelas X PH C di SMK Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Randomized Controlled Trial . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Singaraja. Dalam teknik pengambilan data sampel menggunakan Random sampling sehingga diperoleh siswa kelas X PH C sebagai kelas eksperiment berjumlah 36 dan siswa kelas X BDPM B sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji T-Test dan Efect Size menggunakan program SPSS 21.0 windows Instrument Pengumpulan data ini menggunakan data Observasi, Wawancara, Buku Harian dan Kuisioner. Berdasarkan dari hasil penelitian ini yang dapat direkomendasikan bahwa konseling ini efektif untuk dilakukan disekolah. Maka penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi pikiran untuk meningkatkan Self Defference pada siswa kelas X PH C SMK N 1 Singaraja.References
Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi Kecemasan Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.201931.46
Damayanti, R., & Nurjannah, P. A. (2016). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas Viii Di Mts N 2 Bandar Lampung. 03(2), 287–301.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Rajawali Pers.
Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (n.d.). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. EnfermerÃa ClÃnica, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079
Diastuti, N. P. N., Arum MWP, D., & Dharsana, I. K. (2017). Influence of Social Cognitive Cooperation Model with Techniques of Cognitive Restructuring and Engineering Modeling on Self Abasement Students. Bisma The Journal of Counseling, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/128212017
I Ketut Dharsana, I. K., Dharsana, I. K., Nugraha Sudarsana, G., Ketut Suarni, N., Eka Paramartha, W., Tirka, I. W., & Satya Gita Rismawan, K. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. 382(Icet), 62–64. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.15
White, H., Sabarwal, S., & Hoop, T. De. (2014). Randomized Controlled Trials ( RCTs ). 7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
