Konseling Kognitif Behavioral Dengan Teknik Restrukturisasi Pikiran Untuk Meningkatkan Self Defference Siswa

Authors

  • Muhammad Abdul Aziz Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling Kognitif Behavioral Dengan Teknik Restrukturisasi Pikiran Untuk meningkatkan Self Defference pada siswa kelas X PH C di SMK Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Randomized Controlled Trial . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Singaraja. Dalam teknik pengambilan data sampel menggunakan Random sampling sehingga diperoleh siswa kelas X PH C sebagai kelas eksperiment berjumlah 36 dan siswa kelas X BDPM B sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji T-Test dan Efect Size menggunakan program SPSS 21.0 windows Instrument Pengumpulan data ini menggunakan data Observasi, Wawancara, Buku Harian dan Kuisioner. Berdasarkan dari hasil penelitian ini yang dapat direkomendasikan bahwa konseling ini efektif untuk dilakukan disekolah. Maka penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi pikiran untuk meningkatkan Self Defference pada siswa kelas X PH C SMK N 1 Singaraja.

References

Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi Kecemasan Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.201931.46

Damayanti, R., & Nurjannah, P. A. (2016). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas Viii Di Mts N 2 Bandar Lampung. 03(2), 287–301.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Rajawali Pers.

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (n.d.). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermería Clínica, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079

Diastuti, N. P. N., Arum MWP, D., & Dharsana, I. K. (2017). Influence of Social Cognitive Cooperation Model with Techniques of Cognitive Restructuring and Engineering Modeling on Self Abasement Students. Bisma The Journal of Counseling, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/128212017

I Ketut Dharsana, I. K., Dharsana, I. K., Nugraha Sudarsana, G., Ketut Suarni, N., Eka Paramartha, W., Tirka, I. W., & Satya Gita Rismawan, K. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. 382(Icet), 62–64. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.15

White, H., Sabarwal, S., & Hoop, T. De. (2014). Randomized Controlled Trials ( RCTs ). 7.

Downloads

Published

2020-07-31