Efektifitas Teori Konseling Cognitif Behavior Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Heterosexual Siswa
Keywords:
Self Heterosexual, Konseling CBT, Teknik ModellingAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teori konseling cognitif behavior dengan teknik modelling Untuk meningkatkan Self Heterosexual pada siswa kelas X OTKP A SMK N 1 Singaraja. Desain penelitian yang digunakan yaitu Randomize Control Trial design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X di SMK N 1 Singaraja dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Kelas Random sampling, didapatkan kelas X OTKP A sebagai kelas eksperiment yang berjumlah 38 siswa dan kelas X BDPM A sebagai kelas control yang berjumlah 37 siswa. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji T-Test dan Efect Size serta menggunakan program SPSS versi 21 for windows. Instrument Pengumpulan data yang digunakan, Observasi, Wawancara, Buku Harian dan Kuisioner.
References
Dharsana, M.Ardana, I. (2013). Penerapan Konseling Karir Holland Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3924/3137
Dharsana, Pigura Wiladantika, S. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksa, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3717
Dharsana, I. K. (2015). RPBK Pengembangan Self Heterosexuality. Singaraja: Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu pendidikan UNDIKSHA.
Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (2019). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermeria Clinica, 30, 206–208. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079
Dharsana Sutama, & Suranata. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3960
Imroatul Hayyu Erfantinni, Edy Purwanto, M. J. (2017). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik., 3, 31–42.
Ismah, R. D. T. H. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modelling Untuk Mengatasi Perilaku Malas Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang., 1(4), 124–129.
Jenimer, V. (2013). Metodologi Penelitian pengertian Populasi Dan Sampel., 34–60.
Kaptchuk, T. J. (2001). Gold standard or golden calf ? Journal of Clinical Epidemiology, 54, 541–549. https://doi.org/10.1016/S0895-4356(00)00347-4
Nadiana, & Dharsana, S. (2013). Penerapan Bimbingan Karir Super Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Rencana Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Ix B5 Smp N 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3786/3032
Verianto, Suranata, & Dharsana. (2013). Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3933/3140
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
