Efektifitas Teori Konseling Cognitif Behavior Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Self Heterosexual Siswa
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teori konseling cognitif behavior dengan teknik modelling Untuk meningkatkan Self Heterosexual pada siswa kelas X OTKP A SMK N 1 Singaraja. Desain penelitian yang digunakan yaitu Randomize Control Trial design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X di SMK N 1 Singaraja dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Kelas Random sampling, didapatkan kelas X OTKP A sebagai kelas eksperiment yang berjumlah 38 siswa dan kelas X BDPM A sebagai kelas control yang berjumlah 37 siswa. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji T-Test dan Efect Size serta menggunakan program SPSS versi 21 for windows. Instrument Pengumpulan data yang digunakan, Observasi, Wawancara, Buku Harian dan Kuisioner.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharsana, M.Ardana, I. (2013). Penerapan Konseling Karir Holland Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3924/3137
Dharsana, Pigura Wiladantika, S. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksa, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3717
Dharsana, I. K. (2015). RPBK Pengembangan Self Heterosexuality. Singaraja: Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu pendidikan UNDIKSHA.
Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (2019). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermeria Clinica, 30, 206–208. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079
Dharsana Sutama, & Suranata. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3960
Imroatul Hayyu Erfantinni, Edy Purwanto, M. J. (2017). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik., 3, 31–42.
Ismah, R. D. T. H. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modelling Untuk Mengatasi Perilaku Malas Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang., 1(4), 124–129.
Jenimer, V. (2013). Metodologi Penelitian pengertian Populasi Dan Sampel., 34–60.
Kaptchuk, T. J. (2001). Gold standard or golden calf ? Journal of Clinical Epidemiology, 54, 541–549. https://doi.org/10.1016/S0895-4356(00)00347-4
Nadiana, & Dharsana, S. (2013). Penerapan Bimbingan Karir Super Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Rencana Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Ix B5 Smp N 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3786/3032
Verianto, Suranata, & Dharsana. (2013). Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3933/3140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.