EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN SELF CHANGE SISWA

Kadek Adi Aditya Putra Pratama, I Ketut Gading, I Ketut Dharsana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Relaksasi Untuk Meningkatkan  Self Change Siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-post-test control group design dengan follow up. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan memilih secara acak 2 kelas dari 6 kelas anggota populasi. Adapun yang menjadi anggota sampel yaitu siswa kelas XI MIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA1 sebagai kelas control. Dalam metode analisis data yang digunakan adalah uji t dan Effect Size yang menggunakan program SPSS 16.0. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan Kuesioner Perilaku Change (KPC).Berdasarkan dari hasil kesimpulan penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa model konseling behavioral dengan teknik relaksasi ini efektif dilakukan di sekolah. Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa ada teori konseling behavioral yang efektif dengan teknik relaksasi untuk meningkatkan Self Change pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada.


Keywords


Self Change, Konseling Behavioral, Teknik Relaksasi.

Full Text:

PDF

References


Abimanyu. (2005). Konseling Behavioral.

Bgs, I. K., Novta, R., Putra, A., Suarni, N. K., & Darsana, I. K. (2019). The Effect of Behavioral Counseling Theory with Modeling Techniques Through Lesson Study to Improve Attention to Opposite Sex. 1, 85–89.

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., Sudarsana, G. N., Paramartha, W. E., & Ahmad, M. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy counseling in developing Cross-Gender Friendship in adolescents. Enfermeria Clinica, 30, 206–208. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.079

Dharsana, K. (2015). . “RPBK Seri 1 Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, KonselingKelompok, Konseling Individu Untuk Pengembangan Variabel Terikat Bakat Verbal.” Singaraja: BK FIP Undiksha.

I Ketut Dharsana, I. K., Dharsana, I. K., Nugraha Sudarsana, G., Ketut Suarni, N., Eka Paramartha, W., Tirka, I. W., & Satya Gita Rismawan, K. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. 382(Icet), 62–64. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.15

Kumalasari, D. (2017). Konsep Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Terisolir. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-02

Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Sujaya, I.P., Sulastri, M.,& Suranata, K. (2013). Relaksasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Relaksasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. https://media.neliti.com/media/publications/244815-penerapan-konseling-behavioral-dengan-te-6681bad9.pdf

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96

Yani, N., & Dharsana, M. (2013). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Proaktif Siswa Kelas X Bb Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.