EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DITINJAU DARI KECENDERUNGAN POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUKASADA
Keywords:
Percaya Diri, Pola Asuh Orang Tua, Teknik Assertive Training, Teknik Positive ReinforcementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral dengan teknik assertive training dan positive reinforcement terhadap motivasi berprestasi ditinjau dari pola asuh orang tua siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest–only control group design. Sampel dari penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukasada. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling, dan metode pengumpulan data dengan kuesioner percaya diri yang berjumlah 60 item. Berdasarkan hasil analisis didapatkan: (1) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang mengikuti model konseling behavioral teknik assertive training dan positive reinforcement. (Fhitung=5,769; p<0,05), (2) Terdapat interaksi antara penerapan teknik konseling behavioral dengan pola asuh orang tua terhadap percaya diri. (Fhitung=4,727; p<0,05), (3) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh acceptance dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh rejection setelah mengikuti konseling behavioral teknik assertive training. (thitung=2,769; a < 2,000), (4) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh acceptance dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh rejection setelah mengikuti konseling behavioral teknik positive reinforcement. (thitung=2,422; a < 2,000), (5) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh orang tua acceptance yang mengikuti model konseling behavioral dengan teknik assertive training dan positive reinforcement. (thitung=2,422;a< 2,000), (6) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh orang tua rejection yang mengikuti model konseling behavioral dengan teknik assertive training dan positive reinforcement. (thitung=2,076;a<2,000).
References
Antari, Madri dan Anak Agung Oka. 2008. Pola Asuh Orang Tua. Modul. Singaraja (tidak terbit) Undiksha.
Asri, Ni Luh. 2014. Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak terbit): Undiksha
Corey, Gerald. 2003. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama
Corey, Gerald. 2010. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama
Dantes, Nyoman. 1992. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman . 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta; Andi Offset
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen (Disetai Contoh Penerapan Analisis Data). Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Dantes, Nyoman. 2016. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja : Undiksha Press
De Angelis, Barbara. 2001. Confidence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta : Balai Pustaka.
Farhan, Abu. (http://abufarhanalir.blogspot.com/2012/05/kepercayaan-diri-self-confidence) di akses tanggal 28 November 2016.
Gunawan, Adi.W.2010. Hypnotherapy For Children, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, EB. 1990. Perkembangan Anak. Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Incefurqan, (http://miklotof.wordpress.com/2010/0626/aspek-aspek-percaya-diri) diakses tanggal 27 November 2016
Marjanti, Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X Ips 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi (tidak terbit): FKIP Universitas Muria Kudus.
Moasbow, (http://www.masbow.com/2009/08/percaya-diri-dalam-psikologi.html) diakses tanggal 27 November 2016
Longkutoy, Nathania. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Skripsi (tidak terbit): Universitas Sam Ratulangi Manado
Suci Astika Dewi, I Gst Ayu Made. 2016. Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling dan Teknik Penguatan Positif terhadap Pengembangan Need Of Autonomy Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Tesis (tidak terbit): Undiksha
Saifuddin, Azwar. 2016. Konstruksi Test Kemampuan Kognitif. Semarang:Pustaka Pelajar.
Turina. 2015. Penggunaan Tekhnik Assertive Training Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas VII. Skripsi (tidak terbit).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
