EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DITINJAU DARI KECENDERUNGAN POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUKASADA

Kadek Dwiarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral dengan teknik assertive training dan positive reinforcement terhadap motivasi berprestasi ditinjau dari pola asuh orang tua siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest–only control group design. Sampel dari penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukasada. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling, dan metode pengumpulan data dengan kuesioner percaya diri yang berjumlah 60 item. Berdasarkan hasil analisis didapatkan: (1) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang mengikuti model konseling behavioral teknik assertive training dan positive reinforcement. (Fhitung=5,769; p<0,05), (2) Terdapat interaksi antara penerapan teknik konseling behavioral dengan pola asuh orang tua terhadap percaya diri. (Fhitung=4,727; p<0,05), (3) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh acceptance dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh rejection setelah mengikuti konseling behavioral teknik assertive training. (thitung=2,769; a < 2,000), (4) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh acceptance dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh rejection setelah mengikuti konseling behavioral teknik positive reinforcement. (thitung=2,422; a < 2,000), (5) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh orang tua acceptance yang mengikuti model konseling behavioral dengan teknik assertive training dan positive reinforcement. (thitung=2,422;a< 2,000), (6) Terdapat perbedaan percaya diri antara siswa yang diasuh dengan pola asuh orang tua rejection yang mengikuti model konseling behavioral dengan teknik assertive training dan positive reinforcement. (thitung=2,076;a<2,000).


Keywords


Percaya Diri; Pola Asuh Orang Tua; Teknik Assertive Training; Teknik Positive Reinforcement

Full Text:

PDF

References


Antari, Madri dan Anak Agung Oka. 2008. Pola Asuh Orang Tua. Modul. Singaraja (tidak terbit) Undiksha.

Asri, Ni Luh. 2014. Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak terbit): Undiksha

Corey, Gerald. 2003. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama

Corey, Gerald. 2010. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama

Dantes, Nyoman. 1992. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, Nyoman . 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta; Andi Offset

Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen (Disetai Contoh Penerapan Analisis Data). Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Dantes, Nyoman. 2016. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja : Undiksha Press

De Angelis, Barbara. 2001. Confidence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta : Balai Pustaka.

Farhan, Abu. (http://abufarhanalir.blogspot.com/2012/05/kepercayaan-diri-self-confidence) di akses tanggal 28 November 2016.

Gunawan, Adi.W.2010. Hypnotherapy For Children, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, EB. 1990. Perkembangan Anak. Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Incefurqan, (http://miklotof.wordpress.com/2010/0626/aspek-aspek-percaya-diri) diakses tanggal 27 November 2016

Marjanti, Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X Ips 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi (tidak terbit): FKIP Universitas Muria Kudus.

Moasbow, (http://www.masbow.com/2009/08/percaya-diri-dalam-psikologi.html) diakses tanggal 27 November 2016

Longkutoy, Nathania. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Skripsi (tidak terbit): Universitas Sam Ratulangi Manado

Suci Astika Dewi, I Gst Ayu Made. 2016. Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling dan Teknik Penguatan Positif terhadap Pengembangan Need Of Autonomy Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Tesis (tidak terbit): Undiksha

Saifuddin, Azwar. 2016. Konstruksi Test Kemampuan Kognitif. Semarang:Pustaka Pelajar.

Turina. 2015. Penggunaan Tekhnik Assertive Training Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Kelas VII. Skripsi (tidak terbit).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.