Studi Evaluatif Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Permulaan SD se Kecamatan Ubud

GUSTI AYU ARTATIK ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas permulaan di SD se-kecamatan Ubud dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif, yang mengevaluasi program pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas permulaan di SD se Kecamatan Ubud. Dalam penelitian ini menganalisis efektivitas pelaksanaan pembelajaran tematik dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa se-Kecamatan ubud yang berjumlah 581 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumen. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Untuk menentukan efektifitas pelaksanaan pembelajaran tematik, skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke Skor-T kemudian diverifikasi ke dalam prototype Glickman.Hasil analisis menemukan bahwa efektifitas pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas permulaan di SD se Kecamatan Ubud dilihat dari variabel konteks, input proses dan produk dan jika dikonversikan kedalam kuadran Glickman, berada pada kuadran III (+ + - -), maka efektifitas pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas permulaan di SD se Kecamatan Ubud tergolong kurang efektif.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Tematik SD, Studi Evaluatif

This research aims to analyze and investigate the effectiveness of thematic learning on students of initial class in elementary schools sub-district Ubud seen from context, input, process, and product variables. This research was evaluative research which evaluated thematic learning implementation program on students of initial class in elementary schools sub-district Ubud. This research analyzed the effectiveness of thematic learning by using CIPP model (context, input, process, and product). Respondents in this research were headmasters, teachers and students in Ubud district which were 581 persons. Data were collected by using questionnaire, observation, and documents. Data were analyzed using descriptive analysis. To determine the effectiveness of thematic learning, raw scores were transformed into Z-score then to T-score then verified into Glickman prototype. Analysis results finds that effectiveness of thematic learning implementation on students of initial class in elementary schools sub-district Ubud seen from context, input, process, and product variables and if converted into Glickman quadrant which result was in quadrant III (+ + - -), the effectiveness of thematic learning implementation on students of inital class in elementary schools sub-district Ubud is classified into less effective.
keyword : Elementary school thematic learning implementation, Evaluation study

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.