ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 2 SEMARAPURA

LUH MADE SRIYATI ., Prof. Dr. Nyoman Dantes ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom .

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design dengan sampel sebanyak 88 siswa kelas XII IPA SMAN 2 Semarapura. Data dikumpulkan dengan tes prestasi hasil belajar matematika dan kuesioner motivasi belajar serta dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan. Hasil analisis menunjukkan (1) prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran model konvensional, dan (4) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran model STAD.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, prestasi belajar matematika

This study aimed at finding out and analyzing the effect of STAD cooperative learning model towards mathematics learning achievement viewed from learning motivation of the twelveth year science program students of SMA Negeri 2 Semarapura. This study belonged to a Quasi Experiment with Posttest Only Control Group Design. The sample of this study consisted of 88 students selected by using random sampling. The data obtained were analyzed by using two-way ANOVA which followed by Tukey test. The results showed that (1) the mathematics learning achievement of students taught by STAD cooperative learning model was higher than those taught by conventional learning model, (2) there was an interaction effect between learning model and students’ learning motivation on mathematics learning achievement ,(3) the students with high learning motivation and tauhgt by the STAD cooperative learning model had higher mathematics learning achievement than those taught by conventional learning model and, (4) the students with low learning motivation and tauhgt by STAD cooperative learning model had lower mathematics learning achievement than the students taught by conventional learning model.
keyword : Learning motivation, Mathematics Learning Achievement, STAD Cooperative Learning Model,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.