Pengaruh Implementasi Asesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar Asuhan Kebidanan I dengan Kovariabel Intelegensi dan Motivasi Belajar (Studi pada Mahasiswa Semester III Program DIII Kebidanan UPT Akademi Kebidanan Dinas Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2013/2014)

LUH MADE MAHAYU HANDAYANI ., Prof. Dr. Nyoman Dantes ., Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar asuhan kebidanan I antara mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan asesmen kinerja dengan mahasiswa yang pembelajaran menggunakan asesmen konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III UPT Akademi Kebidanan Dinas Kesehatan Provinsi Bali tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 123 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling dengan jumlah sampel 83 orang. Penelitian ini menggunakan desain single factor independent groups design with use of covariate. Pengumpulan data hasil belajar asuhan kebidanan I menggunakan rubrik, data intelegensi dikumpulkan dengan tes Standart Progressive Matrices, dan data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar asuhan kebidanan I kelompok mahasiswa yang menggunakan asesmen kinerja dan yang menggunakan asesmen konvensional, (2) setelah intelegensi dikendalikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar asuhan kebidanan I kelompok mahasiswa yang menggunakan asesmen kinerja dan yang menggunakan asesmen konvensional, (3) setelah motivasi belajar dikendalikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar asuhan kebidanan I kelompok mahasiswa yang menggunakan asesmen kinerja dan yang menggunakan asesmen konvensional, (4) kontribusi intelegensi dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar asuhan kebidanan I adalah 49.5%.
Kata Kunci : asesmen kinerja, hasil belajar asuhan kebidanan I, intelegensi, motivasi belajar

This research was aimed to recognize the difference between students learning outcome midwifery upbringing I using performance assessment and students learning achievement using conventional assessment. The population of this research was the whole students in third semester of midwifery Bali Health Official in academic year 2013/2014 with the amount of 123 students. The sample was taken by random sampling with the amount of sample about 83 students. This research was using single factor independent group design with the use of covariate. To collect the data of midwifery upbringing I students learning outcome this research was using scoring rubric, intelligence data was collected by using Standart Progressive Matrices test, and learning motivation data was collected by using questionnaires. This research showed that, (1) there was a significant difference between the students learning outcome using performance assessment and students learning outcome using conventional assessment, (2) after intelligence was controlled there was a significant different between the students' learning outcome using performance assessment and students learning outcome using conventional assessment, (3) after learning motivation was controlled there was a significant different between the students learning outcome using performance assessment and students learning outcome using conventional assessment, (4) intelligence and learning motivation contribution simultaneously toward midwifery upbringing I learning outcome was 49.5 %.
keyword : intelligence, learning motivation, midwifery upbringing I learning outcome, performance assessment

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.