PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 SEMARAPURA

NI NENGAH WIDIANI ., Prof. Dr. Nyoman Dantes ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh implementasi asesmen kinerja terhadap kemampuan menulis Bahasa Indonesia ditinjau dari motivasi berprestasi. Penelitian eksperimen semu ini dilaksanakan di kelas XII IPA SMA Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2013/2014 dengan rancangan post test -only control group design sebagai desain analisisnya. Sampel penelitian berjumlah 80 orang siswa kelas XII IPA yang dipilih dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan analisis varian dua jalur (ANAVA AB). Hasil penelitian menemukan (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara asesmen dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis Bahasa Indonesia, (3) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, kemampuan menulis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen kinerja lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional, dan (4) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, kemampuan menulis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen kinerja lebih rendah daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional.
Kata Kunci : asesmen kinerja, kemampuan menulis, motivasi berprestasi

This study aimed at finding out and analyzing the effect of implementation of performance assessment, towards Indonesian writing ability viewed from the students’ achievement motivation of the twelfth science program students of SMA Negeri 1 Semarapura. This study belonged to a quasi experimental with the posttest- only control group design. The sample of this study consisted of 80 students which were determined by using random sampling technique.  The data were collected by questionnaire and writing task. The collected data were analyzed by two ways ANOVA (Analysis of Variance). The results showed the followings: (1) the Indonesian writing ability of the students who studied through performance assessment is higher than those who studied through conventional assessment, (2) there is an interaction effect between assessment and achievement motivation on students’ Indonesian writing ability, (3) in the group of students who have high achievement motivation , the students’ Indonesian writing ability who studied through performance assessment is higher than those who studied through conventional assessment, and (4)  in the group of students who had low achievement motivation, the students’ Indonesian writing ability who studied through performance assessment is lower than those who studied through conventional assessment,
keyword : achievement motivation. performance assessment, writing ability.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.