PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN ARTIKULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS VI SLB B NEGERI SIDAKARYA DENPASAR

SUGIYANA ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A. ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan artikulasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SLB B Negeri Sidakarya Denpasar Tahun ajaran 2014/2015. Sebanyak 12 siswa kelas VI SLB.B Negeri Sidakarya Denpasar dipilih sebagai sampel dari populasi sebanyak 12 orang yang tersebar ke dalam 1 kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner motivasi belajar dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji t non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan artikulasi terhadap motivasi belajar siswa tuna rungu wicara di kelas VI Sekolah Luar Biasa Bagian B Negeri Sidakarya Denpasar Tahun 2014/2015, 2) terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan artikulasi terhadap hasil belajar siswa tuna rungu wicara di kelas VI Sekolah Luar Biasa Bagian B Negeri Sidakarya Denpasar Tahun 2014/2015.
Kata Kunci : hasil belajar, layanan bimbingan artikulasi, motivasi belajar

This study aims at finding the effect of implementing articulated supervision toward learning motivation and science learning achievement of deaf students class VI SLB B Negeri Sidakarya Denpasar in academic year 2014/2015. 12 students of class VI SLB B Negeri Sidakarya Denpasar were selected as sample of the study from the population of 12 students in one class. The instruments used in this study were learning motivation questionnaire and learning achievement test. The collected data were analyzed by using descriptive statistical analysis and non-parametric T-test. The findings of the study suggested that 1) there is an effect of implementing articulated supervision toward learning motivation of deaf students class VI SLB B Negeri Sidakarya Denpasar in academic year 2014/2015, 2) there is an effect of implementing articulated supervision toward science learning achievement of deaf students class VI SLB B Negeri Sidakarya Denpasar in academic year 2014/2015.
keyword : articulated supervision, learning achievement, learning motivation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.