PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA C.1 NEGERI DENPASAR

I WAYAN PISKA YUDIAWAN ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A. ., DR. NI KETUT WIDIARTINI, S.Pd.,M.Pd .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar bagi anak tunagrahita sedang pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IX SLB C.1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/2015 melalui pengaruh model pembelajaran kontektual. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pra-eksperimen yang dilaksanakan di SLB C.1 Negeri Denpasar. Populasi dan sempel penelitian ini adalah siswa kelas IX SLB C.1 yang berjumlah 7 orang. Data minat belajar dikumpulkan melalui Kuesioner, dan dianalisis menggunakan uji t non-parametrik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes, dan dianalisis menggunakan uji t non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai thitung untuk minat belajar adalah 2,733 lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu 2,447 (thitung ˃ ttabel) berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap minat belajar siswa kelas IX SLB C.1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/2015, (2) nilai thitung untuk hasil belajar adalah 3,242 lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu 2,447 (thitung ˃ ttabel) berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IX SLB C.1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, model pembelajaran kontekstual.

This research aims at investigating the effect of contextual teaching method implementation on students’ learning interest and achievement of social study at class IX SLB C1 Negeri Denpasar in academic year 2014/2015. This is a pre-experiment research conducted in SLB C.1 Negeri Denpasar. The population and sample of this research were 7 ninth grade students of SLB C.1. The data of learning interest were collected through questionnaire and analyzed by using non-parametric T-test. Data of learning achievement were collected through test and analyzed by using non-parametric T-test. The research finding shows that (1) tobs of learning interest was 2.733 higher than tcv 2.447 (tobs ˃ tcv); based on this finding it can be concluded that there is an effect of contextual teaching method implementation on students’ learning interest at class IX SLB C1 Negeri Denpasar in academic year 2014/2015, (2) tobs of learning achievement was 3.242 higher than tcv 2.447 (tobs ˃ tcv); based on this finding it can be concluded that there is an effect of contextual teaching method implementation on students’ learning achievement at class IX SLB C1 Negeri Denpasar in academic year 2014/2015.

keyword : contextual teaching model, learning achievement, learning interest.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.