PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BEDULU

SANG AYU KETUT SUMARGI ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A. ., DR. NI KETUT WIDIARTINI, S.Pd.,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ipa siswa kelas VI SD Negeri 3 Bedulu tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Bedulu tahun pelajaran 2013/2014, yang berjumlah 50 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Manova satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa di kelas VI SD Negeri 3 Bedulu, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa di kelas VI SD Negeri 3 Bedulu, dan (3) terdapat perbedaan secara simultan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa di kelas VI SD Negeri 3 Bedulu.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, prestasi belajar IPA

This research aims to investigate the effect of STAD cooperative learning model towards learning motivation and science learning achievement of the sixth grade elementary school students in SD Negeri 3 Bedulu academic year 2013/2014. This is an experimental research using Post-Test Only Control Group design. Population in this research was the entire sixth grade students in SD Negeri 3 Bedulu academic year 2013/2014, which consisted of 50 students. Sample was selected using random sampling technique. Data were analyzed using One-Way Manova. The results show that: First, there is a difference in learning motivation between sixth-grade students who learned using STAD cooperative learning model and students who learned using conventional learning model in SD Negeri 3 Bedulu. Second, there is a difference in science learning achievement between sixth-grade students who learned using STAD cooperative learning model and students who learned using conventional learning model in SD Negeri 3 Bedulu. Third, there is a simultaneous difference in learning motivation and science learning achievement between sixth-grade students who learned using STAD cooperative learning model and students who learned using conventional learning model in SD Negeri 3 Bedulu.
keyword : Co-operative learning type STAD, learning motivation, science learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.