PENGARUH METODE DRILL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI SENDIRI BAGI ANAK TUNAGRAHITA PADA PELAJARAN BINA DIRI SISWA KELAS I SLB.C1 NEGERI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

DESAK NYOMAN NITI ADNYANI ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S ., Dr. I NYOMAN JAMPEL, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap motivasi belajar dan kemampuan merawat diri sendiri bagi anak tunagrahita pada pelajaran bina diri siswa kelas I SLB.C1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong pra-eksperimental ( pre-experimental design ) dengan rancangan: One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SLB C1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/ 2015, yang berjumlah 10 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik kuisener. Data motivasi belajar dan kemampuan merawat diri sendiri dikumpulkan melalui lembar observasi, dan dianalisis menggunakan uji t non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh metode drill terhadap motivasi belajar siswa kelas I SLB.C1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/ 2015, (2) terdapat pengaruh metode drill terhadap kemampuan merawat diri siswa kelas I SLB.C1 Negeri Denpasar tahun pelajaran 2014/ 2015.
Kata Kunci : kemampuan merawat diri sendiri, metode drill, motivasi belajar.

This research aims to investigate the effect of drill method towards learning motivation and self-care ability on self-care studies class of first grade mentally disable students in SLB.C1 Negeri Denpasar academic year 2014/2015. This is a pre-experimental research using One Group Pretest-Postest. Population in this research was the entire first grade students in SLB C1 Negeri Denpasar academic year 2014/2015 which consisted of 10 students. Learning motivation and self-care ability data were collected through observational sheet and analyzed using non-parametric t-test. The results show that: First, there is an effect of drill method towards learning motivation among first grade students in SLB C1 Negeri Denpasar academic year 2014/2015. Second, there is an effect of drill method towards self-care ability among first grade students in SLB C1 Negeri Denpasar academic year 2014/2015.
keyword : drill method, learning motivation, and self-care ability

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.