Studi Evaluatif Implementasi Asesmen Autentik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X dengan Model Diskrepansi Di SMA Negeri Se-Kota Denpasar

NI WAYAN YUSI ARMINI ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A. ., Dr. NI MADE SRI MERTASARI, M.Pd. .

Abstract


ABSTRAK
Armini, Ni Wayan Yusi (2017), Studi Evaluatif Implementasi Asesmen Autentik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X dengan Model Diskrepansi Di SMA Negeri Se-Kota Denpasar. Tesisi, Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Tesisi ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I : Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M.A dan Pembimbing II : Dr. Ni Made Sri Mertasari, M.Pd


Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kesenjangan perencanaan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan terhadap asesmen autentik di SMA Negeri Se-Kota Denpasar. 2) mengetahui pemahaman guru dalam implementasi asesmen autentik pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri Kota Denpasar. Bentuk-bentuk asesmen yang diteliti meliputi asesmen diri, asesmen kinerja, asesmen projek, asesmen produk dan asesmen portofolio. Subjek penelitian meliputi guru-guru PPKn yang mengajar di kelas X SMA Negeri se-Kota Denpasar Tahun Akademik 2016/2017. Desain penelitian menggunakan Model Evaluasi Kesenjangan dari Provus. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, observasi, kuesioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, penyebaran kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kesenjangan (diskrepansi) pada asesmen autentik tentang perencanaan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan asesmen diri, asesmen kinerja, asesmen projek, asesmen produk dan asesmen portofolio dengan katagori cukup lebar, skor diskrepansi 55,31%, 55,71%, 56,64%, 51,21%, dan 56,76%. Sedangkan pemahaman guru tentang mengimplementasikan asesmen autentik di SMA Negeri se-Kota Denpasar tejadi kesenjangan cukup lebar.
Kata Kunci : Evaluasi, Model Diskrepansi Asesmen autentik

ABSTRACT

Armini, Ni Wayan Yusi (2017), Studi Evaluatif Implementasi Asesmen Autentik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X dengan Model Diskrepansi Di SMA Negeri Se-Kota Denpasar. Tesisi, Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

This thesis has been approved and reviewed by the counselor I : Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M.A dan Pembimbing II : Dr. Ni Made Sri Mertasari, M.Pd



The purpose of this research is 1) to know the gaps of planning, implementation, analysis and reporting on authentic assessment in SMA Negeri Se-Kota Denpasar. 2) to know the understanding of teachers in the implementation of authentic assessment on the subject of PPKn in Denpasar State High School. Assessment forms examined include self-assessment, performance assessment, project assessment, product assessment and portfolio assessment. Subjects of research include teachers of PPKn who teach in class X SMA Negeri Denpasar City Academic Year 2016/2017. The study design uses the Gap Evaluation Model from Provus. Data collection was done through documentation study, observation, questionnaire and interview. The instruments used include observation sheets, questionnaires and interviews. The results showed that there was a discrepancy in the authentic assessment of planning, implementation, analysis and self-assessment reporting, performance assessment, project assessment, product assessment and portfolio assessment with wide categories, discrepancy score 55.31%, 55.71% , 56.64%, 51.21% and 56.76% respectively. While the teacher's understanding about implementing authentic assessment in SMA Negeri in Denpasar City is a big enough gap.
keyword : Evaluation, Discrepancy model Assessment autentik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v7i1.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.