PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR TEMAN SEBAYA SETTING NYANTRIK DENGAN ASESMEN FORMATIF BENTUK KINERJA UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR DI KELAS XI TPm-1 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

KOMANG AGUS WIDHYASA ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp. ., DR. I GEDE SUDIRTHA, M.PD. .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran Kooperatif Tutor Teman Sebaya (TTS) setting nyantrik yang valid dan praktis disertai dengan asesmen formatif bentuk kinerja. Pengembangan menggunakan model 4 D yang meliputi define, design, dan develop. Penelitian ini tidak dikembangkan pada skala yang lebih luas, baik di kelas lain, sekolah lain. Model sudah diuji terbatas di kelas XI TPm 1 SMKN 3 Singaraja untuk memperoleh hasil validasi dan kepraktisannya. Hasil validasi model pembelajaran terdiri atas sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring. Sintak model pembelajaran terdiri dari tujuan dan motivasi, informasi materi, mengorgansasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, diskusi kelompok secara nyantrik, laporan kelompok, penghargaan, kesimpulan pembelajaran, tes/evaluasi pembelajaran. Hasil validasi dengan kategori validitas tinggi. Sedangkan melalui uji coba lapangan diproleh tingkat kepraktisan respon siswa sebesar 80% dengan katagori praktis dan respon kepraktisan guru sebesar 87% dengan katagori sangat praktis.
Kata Kunci : asesmen, model pembelajaran kooperatif, nyantrik, pengembangan, tutor teman sebaya.

This study aimed at developing cooperative learning method by using nyantrik setting of peer tutor strategy for validity and practicability need supported by the steps of performace formative assessment. . The development used 4D model which included define, design, and develop. It�s not tested at other and other class.This model had limitedly tested at XI Mechanical Engineering 1 Class of SMK Negeri 3 Singaraja. It was consisted of syntax, social system, principal of reaction, supportive system, and instructional effects and escorts. Syntax composed motivation and porpose, informations study, create a group, group discussion, grpoup report, reward, conclusion, andd evaluations.The result of the validity shows with a high validity category. The result of the practicability from class trials shows that the students� practicability reaches practical category with the number of 80% and teacher responses very practical category with the number of 87%

keyword : assessment, cooperative learning method, development, nyantrik, peer tutor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v8i1.2598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.