APRESIASI GURU SENI BUDAYA TERHADAP PERKEMBANGAN SENI RUPA KONTEMPORER BALI PADA GURU SENI RUPA SMA NEGERI DI KABUPATEN GIANYAR

Made Susanta Dwitanaya, AAIN Marhaeni, NI Ketut Widiartini

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  tingkat apresiasi guru seni rupa tingkat SMA Negeri di kabupaten Gianyar, ditinjau dari aspek apresiasi seni seperti; kemampuan  mengamati, kemampuan  menghayati, kemampuan mengevaluasi karya dan perkembangan seni rupa kontemporer Bali.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi  dalam penelitian ini adalah 7 orang  yang merupakan seluruh guru seni rupa di 7 SMA Negeri yang ada di kabupaten Gianyar. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan kuisoner dan di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat apresiasi guru seni rupa tingkat SMA Negeri  di kabupaten Gianyar, jika ditinjau dari Aspek Kemampuan Mengamati Karya Seni tergolong baik . (2 ) Ditinjau dari aspek kemampuan menghayati karya seni ruap ada empat orang responden yang memilki kemampuan menghayati karya seni rupa kontemporer dengan baik dan mendalam. Sedangkan tiga responden lainnya tampaknya masih belum maksimal dalam aspek penghayatan terhadap perkembangan terkini karya seni rupa kontemporer. (3)         Ditinjau dari aspek kemampuan mengvaluasi karya seni rupa Dari hasil penelitian yang dilakuakan terhadap tujuh responden memperlihatkan semua  responden yang mampu secara maksimal memberikan perspektif kritis mereka dalam memandang perkembangan seni rupa kontemporer Bali.

Kata Kunci ; Apresiasi Seni,  Seni Rupa Kontemporer


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v7i1.2687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.