ANALISIS DISKREPANSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERPENDEKATAN SAINTIFIK DI SD NEGERI KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya diskrepansi pada variabel konteks, input, proses, dan produk terkait pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berpendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan model diskrepansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah dan guru kelas I dan kelas IV SD Negeri Kecamatan Klungkung yang terdiri dari 6 gugus dan terdapat 30 sekolah. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling dan quota sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan lembar observasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diskrepansi yang terjadi terkait variabel konteks pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD Negeri Kecamatan Klungkung sebesar -11,91 dengan kategori sangat kecil; (2) diskrepansi yang terjadi terkait variabel input pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD Negeri Kecamatan Klungkung sebesar -19,56 dengan kategori kecil; dan (3) diskrepansi yang terjadi terkait variabel proses pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD Negeri Kecamatan Klungkung sebesar –23,98 dengan kategori kecil; (4) diskrepansi yang terjadi terkait variabel produk pada 11,10, dengan kategori kecil.
Kata kunci: diskrepansi, evaluasi, pendekatan saintifik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v7i1.2690
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.