DISKREPANSI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN MATERI IPA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DENPASAR SELATAN

I Made Adi Arnawa, Nyoman Dantes, Ni Ketut Suarni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya diskrepansi implementasi pendekatan saintifik pada muatan materi IPA tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar Selatan ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif model diskrepansi. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang guru kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar Selatan diambil dengan teknik Multistage Random Sampling. Data implementasi pendekatan saintifik dikumpulkan dengan lembar observasi, data persepsi guru dikumpulkan dengan kuesioner, data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat diskrepansi yang kecil dalam implementasi pendekatan saintifik pada muatan materi IPA tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar selatan sebesar 35,10; dengan diskrepansi perencanaan sebesar  33,54; diskrepansi pelaksanaan sebesar  34,03; diskrepansi penilaian sebesar 37,75; (2) Persepsi guru tentang pendekatan saintifik sudah baik dengan rerata 69,22; (3) Pencapaian hasil belajar IPA siswa  sudah baik dengan rerata nilai 76,37; (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pengelolaan pembelajaran berpendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA dengan kontribusi sebesar 31%.

 

Kata kunci: Diskrepansi, Pendekatan Saintifik, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian

Abstract

This research aimed to find out the discrepancy of implementation scientific approach on science of organ tubuh manusia dan hewan theme at grade V  elementary school in South Denpasar District  in terms of planning, implementation and assessment. This research is an evaluative study with discrepancy model. The sample in this research is 15 teachers of class V elementary school in South Denpasar District taken by Multistage Random Sampling technique. Implementation data of scientific approach collected with observation, teacher perception data collected by questionnaire, data of science learning outcomes collected by documentation method. Data analysis to quantitative descriptive and product moment correlation analysis. The results showed: (1) There was a small discrepancy in the implementation of scientific approach on science of organ tubuh manusia dan hewan theme at grade V  elementary school in South Denpasar District of 35,10; with a planning discrepancy of 33,54; Implementation discrepancy of 34,03; Discrepancy assessment of 37,75; (2) teacher perception about scientific approach has been good with mean of 69,22; (3) Achievement of science learning outcomes of students is good with the average value of 76.37; (4) There is a positive and significant correlation between the quality of science-based learning approach to science learning outcomes with contribution of 31%.

 

Keywords : Discrepancy, Scientific Approach, Planning, Implementation, Assessment.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. & C.S.A. Jabar 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asril, Z. 2013. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Candiasa, I M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Dantes, N. 2016. Statistika Non Parametrik. Singaraja: Undiksha Press

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Juliarta, I P. B., Natajaya & A. Sunu. 2013. “Determinasi Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Praktik (Studi Persepsi Siswa Seni Rupa di SMKN 1 Sukawati)”. Jurnal Program Pascasarjana Undiksha Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 4 Tahun 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kesnajaya, I K., N. Dantes & G. R. Dantes. 2015.”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pada SD Negeri 3 Tianyar Barat” Jurnal Program Pascasarjana Undiksha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 5 Tahun 2015

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Marhaeni, A. A. I. N. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.

Mustofa. 2015. “Pemetaan Kesiapan Implementasi Pendekatan Saintifik di SMP”. Jurnal Pendidikan Geografi UM. Volume 20 Tahun 2015

Nodyanto, D. 2015. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan Siswa (Studi Deskriptif Analitis di SMA Negeri Kabupaten Bangka)”. Jurnal UPI Digital Repository Indonesia University Of Education. Tahun 2015

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suarjana, I W. 2011. “Kinerja Guru Dalam Hubungan Dengan Persepsi Guru Terhadap Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Sikap Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Sukawati.” Jurnal Pascasarjana Undiksha. Volume 2 Tahun 2011

Subagia, I W. & I. G. L. Wiratma, 2016. “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013”. Jurnal Pendidikan Indonesia Undiksha. Volume 5 Tahun 2016

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto. B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta

Witariani, P. E., N. Dantes & I N. Tika. 2014. “Pengaruh Model Brain-Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Beljar IPA Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2013/2014” Jurnal Program Pascasarjana Undiksha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 4 Tahun 2014

Yususf, M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar : Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v7i1.2729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.