ANALISIS DETERMINASI KOMPETENSI PENGELOLA DAN INTENSITAS MENGGUNAKAN LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN MENGOPERASIKAN MESIN BALANCING DITINJAU DARI BAKAT MEKANIK PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNDIKSHA

Ketut Darma Yuliawan, Nyoman Dantes, Ni Ketut Widiartini

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar determinasi dari kompetensi pengelola laboratorium dan intensitas siswa menggunakan laboratorium ditinjau dari bakat mekanik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Ganesha yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan tes, kuesioner dan rubrik pengamatan.Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen (ex-post facto). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anava satu jalur, anakova satu jalur satu dan dua kovariabel, korelasi parsial dan multiple regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan keterampilan mengoperasikan mesin balancing antara siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi dan rendah ; (2) terdapat perbedaan keterampilan mengoperasikan mesin balancing antara siswa yang memiliki bakat mekanik tinggi dan rendah setelah dikendalikan oleh kompetensi pengelola laboratorium maupun setelah dikendalikan oleh intensitas siswa menggunakan laboratorium; (3) terdapat determinasi dari kompetensi pengelola laboratorium dan intensitas siswa menggunakan laboratorium terhadap keterampilan siswa mengoperasikan mesin balancing.

 

Kata Kunci : bakat mekanik, kompetensi, intensitas,keterampilan.

 

Abstract

The purpose of this study is to determine how much determination of the competence of laboratory managers and the intensity of students using the laboratory in terms of mechanical talent. Population and sample in this research is student of Mechanical Engineering Education University Ganesha Education which amounts to 36 people. The sampling technique used is purposive sampling. Methods of data retrieval using test, questionnaire and rubric observation. This research is a non experimental research (ex-post facto). Analysis used in this research is one path anava, anakova one lane one and two kovariabel, partial correlation and multiple regresi. The results showed that: (1) there were differences in the skill of operating balancing machines between students with high and low mechanical talents; (2) there is a difference in the skill of operating balancing machines between students who have high and low mechanical talents after controlled by the competence of the laboratory managers and after being controlled by the intensity of the students using the laboratory; (3) there is determination of laboratory manager competence and student intensity using laboratory to student skill to operate balancing machine.

 

Key words : mechanical talent, competence, intensity,skills


Full Text:

PDF

References


Athtaariq dkk. Kompetensi Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis Vol 1 No. 1 Tahun 2014

Astuti,Puji dkk. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Praktik Perawatan Kulit Wajah Berbasis Kompetensi Di Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Research and Evaluation 4 (2) (2015)

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Iandesi,Andarwati. Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas Xi Sma N 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3 Tahun Ke-5 2016

Jordan,Firmansyah,Ridho. Spooring Balancing http://www.academia.edu/11003167/Spooring_and_Balancing . Diunduh tanggal 23 November 2017

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja : Undiksha Press

Katili dkk. Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 3 Tahun 2013

Murjoko. Pengaruh Bakat Mekanik, Tingkat Pemahaman Teori Pemesinan

Dan Prestasi Praktik Pemesinan Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Volume 4, Nomor 8, Tahun 2016

Mahardana,Alit Putra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat ( STM ) Berbasis Assesmen Kinerja Terhadap Hasil belajar Sistem Bahan Bakar Ditinjau Dari Kemampuan Mekanik Siswa ( Tesis ). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha

Nuada dan Harahap. Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri Se-Kota Tanjungbalai. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. Vol.12 No.1, April 2015

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional Nomor 02/V/PB/2010 dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 13 tahun 2010 tentang Juklak Jabatan Fungsional. 2010. Jakarta: Mendiknas dan BKN

Pradana, Aditya Wahyu. Kesiapan Kerja Siswa Teknik Pemesinan Ditinjau Dari Bakat Mekanik Dan Prestasi Belajar. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 2, Nomor 3, Tahun 2014

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 26 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah.2008. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.2013.Jakarta.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Setiawati,Nur Amega. 2015. Pengaruh Sikap Dan Intensitas Penggunaan Fasilitas Pendukung Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata

Kuliah Laboratorium Akuntansi, , Research and Development Journal Of Education. Vol. 1 No. 2 April 2015

Yanti,Dian Eka Budi dkk. Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika Dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika DalamMendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Sma Negeri Di KabupatenJember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 1, Juni 2016, hal 41-46




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v8i2.2740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.