PENGARUH MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI PRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPNEGERI 2 SEMARAPURA
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASI PRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPNEGERI 2 SEMARAPURA
Oleh
NI WAYAN ASTITI
ABSTRAK
Kata-kata kunci : Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Berprestasi, hasil belajar IPS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Semarapura dengan menggunakan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 80 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dan dilanjutkan dengan uji Tukey.
Hasil penelitiannya adalah : (1) secara keseluruhan, hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional , (2) untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional , (3) untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan (4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa
Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarapura.
Penelitian ini memberikan implikasi antara lain : 1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang perlu dipertimbangkan untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran IPS, dan 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hendaknya mempertimbangkan tingkat motivasi berprestasi siswa.
THE EFFECT OF STAD TYPED COOPERATIVELEARNING MODEL AND PRESTIGE MOTIVATION ON THE INCREASE OF LEARNING ACHIEVEMENT IN IPS TEACHING AND LEARNING AT CLASS VII SMP NEGERI2 SEMARAPURA.
ABSTRACT
Key Words : STAD Type Cooperativr Learning Model, Prestige Motivation, IPS learning achievement
This study aimed at finding out and analyzing the effect of STAD Typed Cooperative Learning Model And Prestige Motivation on the increase of IPS learning chievement in IPS teaching and learning. This study was conducted at SMP Negeri 2 Semarapura with Post Test Only Control Group Design. The sample of this study consisted of 80 students that were selected by using Random Sampling. The data obtained were analyzed by ANAVA two path (Analysis of Varians) with F test, which was followed by Tukey test.
The result of the study show the followings : (1) on the whole, the achievement of IPS of the students who studied by STAD Typed Cooperative Learning Model was higher than those who studied by conventional , (2) the student who had high prestige motivation and studied by STAD Typed Cooperative Learning Model had higher on IPS learning achievement than those who had high prestige motivation and studied by conventional , (3) the student who had low prestige motivation and studied by conventional had higher on IPS learning achievement than those who had low prestige motivation and studied STAD Typed Cooperative Learning Model and (4) there was an interaction effect between the use of teaching learning model and prestige motivation
From the result of the study, it can be concluded that the STAD Typed Cooperative Learning Model And Prestige Motivation effected the increase of learning achievement in IPS teaching and learning at class VII SMP Negeri 2 Semarapura
Some implications of this study were : 1) the STAD Typed Cooperative Learning Model is one of the teaching learning model must be used in learning IPS and 2) in applying STAD Typed Cooperative Learning Model, one should consider the prestige motivation.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.31
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.