PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS V SDPENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS V SD

Ni Kadek Lilik Ariska, Sariyasa Sariyasa, Ida Bagus Putrayasa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD, (2) validitas instrumen self efficacy pada siswa kelas V SD, (3) reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD, (4) reliabilitas menurut expert instrumen self-efficacy pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Data kemampuan pemecahan masalah matematika adalah tes uraian dan self-efficacy dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil perhitungan CVR dari 10 butir instrumen terdapat 2 butir instrumen yang tidak valid sehingga terdapat 8 isntrumen yang valid dengan CVI sebesar 0,76. Sedangkan hasil perhitungan CVR dari 30 butir instrumen terdapat 4 butir instrumen yang tidak valid sehingga terdapat 26 isntrumen yang valid dengan CVI sebesar 0,81, (2) Hasil uji reliabilitas instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh hasil sebesar 0,76 dengan interpretasi yang tinggi. Sedangkan hasil uji reliabilitas instrumen self efficacy diperoleh hasil 0,66 dengan interpretasi yang tinggi.

Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematika; Self-efficacy

Abstract

The study aimed to identify: ( 1 ) Validity of an instrument problem solving math class V primary school students ( 2 ) validity instrument self efficacy class V primary school students according to experts ( 3 ) reliability an instrument the ability of problem solving math class v primary school students according to experts ( 4 ) reliability an instrument self-efficacy class V. primary school students The kind of research used are adapted from research development 4-D model developed by Thiagarajan ( 1974 ). Data the problem solving math is a test explanations and self-efficacy collected using a questionnaire . The result showed that: ( 1 ) The results of cvr of 10 points instrument is 2 points instrument invalid so there are valid 8 instrumen with cvi of 0,76.While the results of cvr 30 points instrument is 4 points instrument invalid so there are valid 26 instrument with CVI of 0,81, ( 2 ) test instrument ability reliability problem solving mathematics the results 0,76 by interpretation of high. While test instrument ability reliability self-efficacy the results 0,66 by interpretation of high.

Keywords: Problem Solving Mathematical; Self-efficacy


Full Text:

PDF

References


Ayu, Sastrika, dkk. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran IPA SD. E-Journal Pendasi. Volume 2 No. 2

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy the Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Bandura, Albert. 2002. Self efficacy: The Exercise of Control. New York : W. H. Freeman & Company.

Baron & Byrne. 2000. Social Psychology 9th Edition. Massachusetts: A Pearson Education Company.

Elif Hidayani, dkk. 2020. Pengembangan RPP Berbasis Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Abad Ke-21 Untuk Kelas III Sekolah Dasar. E-Journal Pendasi. Volume 4, No. 1, 2613-9553.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/viewFile/557/415.

Mania, Sitti. 2014. Asesmen Autentik untuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif Implementasi Kurikulum 2013. Makassar: Alauddin Universiy Press.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Napitupulu, E. 2008. Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik. e-Jurnal Pythgoras, Vol. 4.

Nuryani, Rini. (2011). “Self-efficacy Matematis.” Online http://slideshare.net/Interest_ Matematika_2011/self-efficacymatematis.

OECD. 2015. PISA 2015 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Sekretariat OECD: OECD.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h.63-65

Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat.Jakarta: Salemba Empat.

Simanungkalit, RH. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Yuliana. (2019). Penilaian Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 7, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i1.3502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.