PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) validitas isi instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika; 2) reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang dikumpulkan berupa data kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika. Data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif dalam bentuk essay, sedangkan data literasi matematika dikumpulkan tes literasi matematika dalam bentuk pilihan ganda. Data validitas dan reliabilitas yang telah terkumpul dianalisis menggunakan CVR dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk instrumen kemampuan berpikir kreatif, berdasarkan uji ahli terdapat 10 soal yang dinyatakan valid dengan 0,60 ≤ vy ≤ 1,00. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,82 berada pada kategori sangat tinggi; 2) Untuk instrumen literasi matematika, berdasarkan uji ahli terdapat 18 soal yang valid dengan 0,60 ≤ vy ≤ 1,00 dan 3 soal dinyatakan tidak valid dari 21 soal yang diuji. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,81 berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika yang valid dan reliabel.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif; Literasi Matematika; Pengembangan Instrumen
Abstract
The research aimed to find out and describe: 1) the instrument content validity of creative thinking skills and mathematical literacy; 2) the instrument reliability of creative thinking and mathematical literacy. The type of this research was Research and Development (R&D) used was ADDIE design. The ADDIE design which consist of four stages, such as: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The collected data in this research were the data of creative thinking skills and mathematical literacy. The data of creative thinking skills were collected creative thinking test used essay form, whereas the mathematical literacy data were collected in the form of questions sheet used multiple choice. The data were collected analyzed by using CVR dand Alpha Cronbach. The results of this research show that: 1) For the creative thinking skills instrument, based on expert test there were 10 valid questions with 0,60 ≤ vy ≤ 1,00. The reliability test result of 0.82 were in the very high category; 2) for mathematical literacy instrument, based on expert test there were 18 valid questions with 0,60 ≤ vy ≤ 1,00 and 3 invalid questions from 21 questions tested. The reliability test result of 0.81 were in the very high category. From those results, it can be concluded that this research produces valid and reliable critical thinking skills and mathematical literacy instruments.
Keywords: Critical Thinking Skills; mathematical literacy instruments; instrument development
Full Text:
PDFReferences
Candiasa, I M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha
Haryanti. Y. D., dkk. 2019. Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 5 Nomor 2 Edisi Juli 2019
Lawshe, C. H. 1975. A Quantitive Approach to Content Validity. Perdue University: Personnel Psychology, Inc. Hlm. 563 – 773
Moma. L. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 4. No. 1, April 2015
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. PT. Rineka Cipta
OECD. 2015. PISA 2015 Results: What Student Know and Can Do Student Perfomance in Reading, Mathematics and Science.Tersedia pada http://www.oecd.org. Diunduh Tanggal 4 Juli 2019
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: BP. Panca Usaha
Tavakol, M. & Dennick, R. 2011. Making sense of cronbach’s alpha, International Journal of Medical Education, 2, hlm. 53-55.
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i1.3504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.