PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS III ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2019/2020

Ayu Suarsih, Ida Bagus Putu Arnyana, Made Ardana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika dan kecemasan belajar siswa sebagai upaya mengatasi permasalahan guru hanya memiliki instrumen penilaian yang tercakup dalam buku siswa sebagai pedoman penilaian kognitif dan guru belum memiliki instrumen penilaian hasil belajar matematika dan kecemasan belajar siswa yang terstruktur dan baik. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan instrumen hasil belajar matematika dan kecemasan belajar menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Pengembangan instrumen penilaian hanya dilakukan sampai dengan pada tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang pakar yaitu dua pakar dari dosen dan tiga pakar dari guru. Analisis data yang digunakan pada uji validitas adalah uji CVR dan CVI sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Hasil diperoleh bahwa dari hasil validasi ahli dan praktisi untuk 30 item soal hasil belajar matematika dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas tinggi. Sedangkan untuk kecemasan belajar siswa dari 40 item pertanyaan dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika; Instrumen Penilaiaian; Kecemasan Belajar Siswa

 

Abstract

This research aimed at the development of an of an instrument for evaluating mathematics learning outcomes and student learning anxiety as an effort to overcome the teacher's problem only has an assessment instrument included in the student book as a cognitive assessment guide and the teacher does not yet have an instrument for evaluating mathematics learning outcomes and students' learning anxiety that is structured and well-structured. Besides this research aims to produce a valid and reliable assessment instrument. This research is a research development. The development of mathematics learning outcomes instruments and learning anxiety using the 4-D model which consists of 4 main stages: define, design, development, dessiminate. Development of assessment instruments is only carried out up to the development stage. The subjects in this study were five experts, namely two experts from lecturers and three experts from teachers. Analysis of the data used in the validity test is the CVR and CVI tests while the reliability test uses the KR-20 formula. The results obtained that from the results of the validation of experts and practitioners for 30 items about mathematics learning outcomes declared valid with a high level of reliability. Whereas for student learning anxiety of 40 items the question was declared valid with a very high level of reliability.

 

Keywords:  Mathematics Learning Outcomes; Assessment Instruments; Student Learning Anxiety

 


Full Text:

PDF

References


Lawshe, C. H.. (1975). A Quantitive Approach to Content Validity. Purdue University: Personnel Psychology, Inc. Hlm. 563-575.

Permendikbud No 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika” Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 3 Nomor 1.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Sivasailam and others. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children : A Sourcebook. Center for Innovation in Theaching the Handicapped: Bloomington.

Van de Walle, J.A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics (6th Ed.).




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i1.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.