PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMODAL MELALUI ANALISIS MUATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IPA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewa Putu Adi Pradnya Jayananda, Ida Bagus Putu Arnyana, I Wayan Lasmawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prosedur pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis multimodal; 2) validitas isi Lembar Kerja Siswa berbasis multimodal; 3) reliabilitas Lembar Kerja Siswa berbasis multimodal melalui analisis muatan pengetahuan dan keterampilan IPA pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa angket. Data berkaitan dengan validitas dianalisis menggunakan CVR sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji ahli sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prosedur pengembangan lks multimodal meliputi analysis, design, dan development. 2) Untuk validitas isi, berdasarkan uji ahli terdapat 18 pernyataan pada kuesioner yang dinyatakan valid dengan interval 0,60-1,00, dan 1 pernyataan dinyatakan tidak valid dari 19 item pernyataan.  3) Berdasarkan uji reliabilitas instrumen LKS multimodal memeroleh nilai 0,89. Data ini menunjukkan rentang reliabilitas berada pada rentang atau berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa berbasis multimodal yang valid dan reliabel.

Kata kunci: Multimodal; Pengembangan Lembar Kerja Siswa

 

Abstract

This research aimed to determine: 1) the procedure of developing multimodal-based Student Worksheets; 2) validity of multimodal-based Student Worksheet content; 3) the reliability of multimodal-based Student Worksheets through the analysis of the content of science knowledge and skills on the theme of Events in Life. The type of this research was design and product development research (Design and Development) with reference to the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collected in this research were in the form of  questionnaires. The data which were related to validity were analyzed by using CVR while reliability using Alpha Cronbach. The validity was measured by using an expert test of 5 people consisting of 2 expert lecturers and 3 teachers. The results of the research showed that: 1) The multimodal-based students worksheet development procedures included analysis, design, and development. 2) For content validity, based on the expert tests there were 18 statements on the questionnaires that were declared valid at intervals of 0.60-1.00, and 1 statement was declared invalid of 19 item statements. 3) Based on the reliability test of the multimodal-based Sudents Worksheets instrument, it was obtained a value of 0.89. This data showed the range of reliability was in the range or in the category of very good. Based on these results, it was concluded that this research produced valid and reliable multimodal-based student worksheets.

Keywords: Multimodal;  Development Worksheets Students


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zara. 2019. “Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial untuk SMA Kelas X. Temanggung: Universitas PGRI Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 1, Januari 2019

Baldry, A., & Thibault, P. J. (2006). Multimodal transcription and text analysis: a multimedia toolkit and coursebook with associated on-line course. London: Equinox

Darmodjo, Hendro dan Jenny R.E. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud

Ernawati, A. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek. Volume 5, Nomor 2, Desember 2017

Ganapathy, 2016. The Effects of Using Multimodal Approaches in Meaning- Making of 21st Century Literacy Texts Among ESL Students in a Private School in Malaysia. Penang: School of Languages, Literacies and Translation, Univercity Sains Malaysia

Ihsan, H. 2019. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. Tersedia pada PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan

Jewitt, C. 2008. Multimodality and Literacy in School Classrooms. Review Of Research In Education, 32(1), 241-267. doi:10.3102/0091732x07310586

Kaymakci, S. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. US-China Education Review A, (1), 57-64

Kemendiknas. 2010. Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan

Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Purniasih, K.R. 2017. “Pengembangan LKS IPA Bermuatan Karakter dengan Setting Guided Inquiry di SD Negeri 1 Astina”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5, Nomor 1 (2017)

Rohimatussa’diyah. 2020. “Penggunaan (LKS) Eksploratif Berkonteks Budaya Banten Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SD. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 4, Nomor 2 (2020)

Septiasari, P. 2020. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PENDASI, Volume 4, No. 1, Februari 2020

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.