PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Ni Luh Gede Sarmiasih

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (a) memperoleh instrumen keterampilan berpikir kreatif yang valid dan reliabel; (b) memperoleh instrumen hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Research dan Develeopment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (four D) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA. Data validitas dianalisi dengan CVR, sedangkan reliabilitas dianalisis dengan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji ahli sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Instrumen keterampilan berpikir kreatif berbentuk kuesioner terdiri dari  40 pernyataan.  Berdasarkan hasil dari perhitungan CVR, didapatkan 36 soal valid dan 4 soal yang tidak valid. Perhitungan reliabitas instrumen menurut expert instrumen keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas V SD yaitu sebesar r11 = 0,78 (terkatagori tinggi). Instrumen kedua yaitu hasil belajar IPA  berupa soal tes objektif pilihan ganda sebanyak 35 butir. Berdasarkan hasil perhitungan CVR diperoleh 34 butir instrumen yang valid dan 1 instrumen yang tidak valid. Perhitungan instrumen menurut expert instrumen hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD yaitu sebesar r11 = 0,85 (kategori sangat tinggi).

Kata kunci: Hasil Belajar IPA; Berpikir Kreatif; Pengembangan Instrumen

 

Abstract

This research development aimed to: (a) Have an instrument creative thinking skills are valid and it is reliable and (b memperoleh instrumen hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. This type of research used Research and Development (R&D) research design development. The development model used in this research was the 4D (four D) model which consisted of four stages, namely: define, design, develop, and disseminate not down. Data were collected in the form of data validity and reliability of creative thinking skills instruments and learning outcomes of science. Validity data were analyzed by using CVR, while reliability was analyzed by using Alpha Cronbach. Validity was measured using an expert test of 5 people consisting of 2 expert lecturers and 3 teachers. The instrument of creative thinking skills was in the form of a questionnaire consisting of 40 statements. Based on the results of the CVR calculation, 36 valid questions and 4 invalid questions were obtained. The calculation of instrument reliability according to the expert instruments of creative thinking skills in the fifth grade of elementary school students was equal to r11 = 0.78 (high categorized). The second instrument was the science learning outcomes in the form of multiple choice objective test questions which consisted of 35 items. Based on the CVR calculation results, there were 34 valid instruments and 1 invalid instrument. Instrument calculation according to the instrument of science learning outcomes in the fifth  grade of the elementary school students was equal to r11 = 0.85 (very high category).

Keywords: Science Learning Outcomes; Creative Thinking Skills; Instrument Development


Full Text:

PDF

References


Fuadah. K. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning Bersumber Potensi Lingkungan Lokasl Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, Dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Greenstein, A. 2012. Assesing 21 st Century Skill, A Guide To Evaluating Mastery and Authentic Learning. USA. Corwin A Sage Company.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Ghalia Indonesia

Khoiri,W., Rochmad, Cahyono,A.N. (2013). Problem Based Learning berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education.

Mardapi Djemari, 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik (dalam Pembelajaran Bahasa). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwaningrum, Jayanti Putri. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jawa Tengah: Universitas Muria Kudus. Volume 6 hal 1-12.

Starko, A.J. 2010. Creativity in the Classroom: Schools of Curious Delight. New York: Routledge.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.