PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Raden Ayu Trivia Frida Dewi, Sariyasa Sariyasa, Ida Bagus Putrayasa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan validitas instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD. (2) mengetahui dan mendeskripsikan reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dengan menggunakan teknik tes pilihan ganda dan metode non tes dengan menggunakan teknik kuesioner atau angket. Metode analisis data digunakan uji validitas instrumen indeks CVR dari Lawshe dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan teknik formula KR20 dan Alpha Cronbach.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,75 berada pada kategori sangat baik dan sangat layak digunakan. (2)  Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 yang dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpres dengan nilai 0,94 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpres dengan nilai 0,98 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Motivasi Belajar; Pengembangan Instrumen


Abstract

This study aims to (1) know and describe the validity of the instruments of critical thinking skills and learning motivation in Mathematics subject for grade V elementary school students. (2) knowing and describing the reliability of the instrument of critical thinking skills and learning motivation in Mathematics subject for fifth grade elementary school students. This type of research is development research. The development model used is a 4-D model developed by Thiagarajan (1974) consisting of four stages namely define, design, develop and disseminate. Data collection methods are test methods using multiple choice test techniques and non-test methods using questionnaire or questionnaire techniques. The method of data analysis used the validity test of the CVR index instrument from Lawshe and the reliability test was carried out using the KR20 and Alpha Cronbach formula techniques. The results showed that: (1) The developed critical thinking ability instrument fulfills the content validity requirement with a value of 0.75 in the very good category and is very feasible to use. (2) The developed learning motivation instrument meets the requirements of content validity with a value of 1.00 which is declared valid so it is suitable for use in learning. (3) Critical thinking instruments developed meet the express reliability requirements with a value of 0.94 with a very high category so that it is appropriate to be used in learning. (4) The learning motivation instrument developed meets the express reliability requirements with a value of 0.98 with a very high category so that it is appropriate to be used in learning.

Keywords: Critical Thinking Skills; Learning Motivation; Development Of Instruments

 

 


Full Text:

PDF

References


Asrul,dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azizah Mira, dkk. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 35 No. 1.

Candiasa, I.M. 2010.Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN DAN BIGSTEP. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, Nyoman. 2012. Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha.

Fauzy Muhammad, dkk. 2018. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, Vol.05 No.01.

Hidayah Nurul, Anisa Witri. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Bahan Bekas. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, no. 2.

Kartowagiran Badrun. 2009. Penyusunan Instrumen Kinerja SMK-SBI. workshop Evaluasi Kinerja SMK-SBI.

Lawshe, C H. A Quantitative Approach to Content Validity. State University: A Paper Presented at Content Validity, A Conference Helt at Bowling Green, State University.

Masjaya. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Masula Nanda & Rokhis Tria Ainur. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Kinematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol 4. No.3.

Murti, dkk. 2018. Studi Komparasi antara Tes Testlet dan Uraian dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gombong. Unnes Physics Education Journal Vol. 7, No. 1.

Nugraha Widdy Sukma. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10 No.2.

Nugraha Arief Juang, dkk. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, Vol. 6, No. 1.

Nuraisah Eva. 2016. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.

Putri Aditya Widya. 2019. Alasan Mengapa Kualitas PISA Siswa Indonesia Buruk. Diakses dari https://tirto.id/alasan-mengapa-kualitas-pisa-siswa-indonesia-buruk-enfy pada tanggal 16 Desember 2019.

Pradana Shan Duta Sukma, dkk. 2017. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Optik Geometri Untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol. 21, No. 1.

Rositawati Dwi Nugraheni. 2018. Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya).

Sanderayanti Dwi. 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN kota depok. Jurnal pendidikan dasar, Volume 6 Edisi 2.

Sari Dwi Septiana & Sugiyarto Kristian Handoyo. 2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 1, No. 2.

Setiana Dafid Slamet. 2018. Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Vol. 4, No. 2.

Sumarjilah Yosepha. 2015. Pengunaan Media Kongkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN Rejoagung 01 Kabupaten Jember. Pancaran, Vol. 4, No. 4, hal 69-78, Nopember 2015.

Thiagarajan, S., Semmel,d.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional development for training teachers of exeptional children. https://eric.ed.gov/?id=ED090725

Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Penerbit Cemerlang.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.