PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

I Made Suwandha Jaya, Nyoman Dantes, I Made Gunamanta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument pengukuran kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri atas 10 tahap yaitu : pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi desain dan revisi, uji coba lapangan (kelompok kecil), penyempurnan produk hasil uji coba lapangan, uji coba lapangan (kelompok besar), penyempurnaan produk hasil, dan implementasi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah kevalidan dan reliabilitas instrument pengukuran. Data tentang kevalidan instrument dikumpulkan melalui lembar validasi. Data dianalisis menggunakan CVR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tahapan pengembangan instrumen meliputi langkah-langkah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk dan validasi desain, untuk tahapan uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji oelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk hasil dan implementasi tidak dilaksanakan karrna keterbatasan waktu peneliti; (2) terdapat 24 butir instrument yang valid ; (3) reliabilitas instrument (r11) = 0,9 (terkategori sangat tinggi).

Kata kunci: Instrumen Pengukuran; Kemampuan Berpikir Kritis

 

Abstract

This study aims to develop a measurement instrument for critical thinking skills in science learning for fifth grade elementary school that are valid and reliable. This research is a development research using the Borg & Gall model which consists of 10 stages, namely: research and data collecting, planning, develop preliminary from product, desk evaluation, main product revision, main field testing, operational product revision, operasional field testing, final product revision, dissimination and implementation. The data needed in this study is the validity and reliability of measurement instruments. Data on the validity was collected through a validation sheet. Data were analyzed using CVR. The results of the study show that: (1) the stages of instrument development include the steps of research and data collection, planning, develop preliminary from product, desk evaluation, main product revision, for the stage of main field testing, operational product revision, operasional field testing, final product revision, dissimination and implementation not implemented because due to the limited time of researchers; (2) there are twenty-four valid instrument (3) instrument reliability (r11) = 0.9 (categorized as very high).

Keywords : Assessment Instrument; Critical Thinking Skills


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.