PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS V SD

Putri Iman Sari, I Made Ardana, I Wayan Lasmawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas isi instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD; (2) mengetahui validitas isi instrumen self efficacy pada siswa kelas V SD; (3) mengetahui reliabilitas instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD; dan (4) mengetahui reliabilitas instrumen self efficacy pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Karena situasi pandemi covid-19 maka tahapan pengembangan instrumen hanya sampai pada tahap develop. Analisis yang digunakan adalah uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitas oleh expert instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan instrumen self efficacy menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis melibatkan 2 orang dosen ahli dan 3 orang rekan guru kelas V yang berperan sebagai expert instrumen.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika dengan bentuk tes uraian yang terdiri dari 20 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai r11 = 0,78. Hasil instrumen self efficacy dengan bentuk tes uraian 30 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai r11 =0,87.

 

Kata kunci: Instrumen; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Self Efficacy

 

Abstract

This study aimed to (1) know the content validity of mathematics problem solving instruments of the fifth grade students; (2) know the content validity of self efficacy instruments of the fifth grade students; (3) know the reliability the instruments of mathematics problem solving of the fifth grade students; and (4) know the reliability the instruments of self efficacy of the fifth grade students. This research used research development design. The development model used was the 4-D development model by Thiagarajan which consisted of four stages namely define, design, develop and disseminate. Because of the covid-19 pandemic situation, the instrument development stage only reached the develop stage. The analysis used was content validity test with Lawshe technique to the Content Validity Ratio (CVR) and reliability test by the expert instrument of mathematics problem solving using the Alpha Cronbach formula and the self efficacy instrument used the Alpha Cronbach formula. The analysis involved 2 expert lecturers and 3 teachers of the fifth grade students as expert instruments. The results shows that: mathematics problem solving instruments in the form of essay test which 20 items are valid and the reliability test r11 = 0,78. Instruments of self efficacy instruments in the form of essay test which 30 items are valid and the reliability test r11 = 0,87.

 

Keywords: Instruments; Mathematics Problem Solving; Self Efficacy

 


Full Text:

PDF

References


Anshari, H. 2017. “Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP Taman Harapan Medan”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. No 2,Volume 5. Diakses tanggal 29 Maret 2020.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ayu, Eka Sastrika. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi pada Mata Pelajaran IPA SD. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Volume 2, Nomor 2. Diakses tanggal 11 April 2020.

Covacevich, Catalina. 2014. How to Select an Instrument for Assessing Student Learning. Cataloging-in-Publication data provided by the Inter-American Development Bank Felipe Herrera Library.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Erniwati. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Inpres Loka Kabupaten Bantaeng. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Diakses tanggal 11 Mei 2020.

Fadilah, Nur, dkk. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian pada Materi Matematika Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Smpn 3 Malang”. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Jalan Semarang No.5 Malang. Jurnal Repositori UM. Diakses tanggal 20 Maret 2020.

Fauziah, S. 2015. “Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Antara yang Memperoleh Pembelajaran Model Contextual Teaching Learning (CTL) dan Model Problem Based Learning (PBL)”. Proposal UNPAS Bandung. No 1,Volume 2. Diakses tanggal 10 Mei 2020.

NCTM. 2000. Principle and Standards For School Mathematics. United States Of America. The National Council Of Teachers Of Mathematics. Inc.

OECD. 2015. Programme for International Student Assessment (PISA).

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada Media Group.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Result In Mathematic. United State: TIMSS & RIRLS International Study Center.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.