ANALISIS TENTANG CERITA ANAK YANG BERMUATAN SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN TERKAIT DENGAN TEMA KAYANYA NEGERIKU KURIKULUM 2013 KELAS IV SEKOLAH DASAR BERBASIS ETNOPEDAGOGIK

Ni Kadek Ika Rahayu Tisna Yanthi, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, Nyoman Dantes

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai sikap spiritual dan sosial, muatan pembelajaran, serta nilai-nilai etnopedagogik yang muncul dalam aktivitas umum anak kelas tinggi yang berkaitan dengan tema Kayanya Negeriku. Metode penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan variabel nilai sikap spiritual dan sosial, muatan pembelajaran, dan nilai etnopedagogik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman pencatatan dokumen dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan sikap spiritual yang muncul berperilaku bersyukur. Muatan sikap sosial yang muncul yaitu: jujur, tanggungjawab, peduli, dan percaya diri. Muatan pembelajaran yang muncul yaitu Bahasa Indonesia (menggali informasi dari tokoh melalui wawancara  menggunakan daftar pertanyaan), PPKn (mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari), Matematika (luas bangun datar dan pecahan), IPA (perubahan bentuk energy dan sumber energy alternatif), IPS (wilayah geografis tempat tinggal Bangsa Indonesia), SBdP (Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada), PJOK (renang gaya bebas, permaianan bola besar (basket), permainan bola kecil (kasti). Nilai-nilai etnopedagogik permaian tradisional seperti megale galean, mebade-badean, meong-meongan, mekering-keringan, dengkleng gunung, poh-pohan, metajog, megoak-goakan, mebanten bantenan, congklak, mededuplak, topeng-topengan, cecimpedan, Sepit sepitan, metembing, cebur-ceburan mececimpedan, melayangan. Nilai etnopedagogik mendengarkan cerita atau satua seperti I Pepet jak I Buusan, Ni Bawang teken Ni Kesuna, Men Tiwas teken Men Sugih, I Siap Selem, Cupak teken I Grantang, Pan Balang Tamak. Rare Angon, Crukcuk Kuning   Gending rare yang mendukung Putri Cening Ayu, Juru Pencar, Peteng Bulan, Cening Putri Ayu, semut semut, Ratu anom, juru pencar, semut api, peteng bulan. Mengucapkan salam: Om Suastiastu dan Om Shanti, Shanti, Shanti Om; kewajiban bersembahyang seperti mebanten saiban, mebanten canang, dan mebanten segehan. Selanjutnya dari hasil temuan tersebut dihasilkan analisis buku cerita anak yang berbasis etnopedagogik sebagai referensi isi cerita anak yang dapat digunakan untuk mengembangkan muatan sikap dan muatan pembelajaran tema Kayanya Negeriku Kelas 4 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Buku Cerita Anak; Etnopedagogik; Muatan Pembelajaran; Muatan Sikap

 

Abstract

This study aims at analyzing the spiritual and social values, local content of learning, and analyzing the ethnopedagogic values that appeared in the general activities of high class students which was related to the theme: The Rich Of My Country and formulating the prototype of story books that contained ethnopedagogy which was commonly used to develop the learning content to the theme: The Rich of My Country Class IV Elementray School. The study used descriptive qualitative method with such variables as: the value of social and spiritual attitude, learning content and the values of ethopedagogik. Whereas the instruments applied for the study were document notes and interview guidance and then analyzed through descriptive and qualitative way. The finding showed that the spiritual attitude content that appeared was attitude of saying thanks to The God. The content social attitude found were honest, responsible, care, and self-confident. The learning content that appeared were Bahasa Indonesia (finding information from certain figures through guided interview), PPKn (identifying the implantation of obligation and right in daily life), Mathematic (flat wake area and fraction), IPA (the change of energy form and the source of alternative energy), IPS (the geography of Indonesia), SBdP (Singing songs by considering the tempo and pitch), PJOK (the crawl stroke, small ball game (kasti) and running. The local cultural values of traditional games were mebade-badean, poh-pohan, mebanten-bantenan, topeng-topengan, megale-galean, sepit-sepitan, meong-meongan, mekering-keringan, perang-perangan, dengkleng gunung, megoak-goakan, metajog medohdohan/congklak, mededuplak, mececimpedan, metembing, cebur-ceburan, biyu-biyuan, ngae kalung-kalungan, ngae gelang-gelangan, mam kasti dan main guli; Listening to stories / satua like / Pepet jak I Buusan, Ni Bawang teken Ni Kesuna, I Siap Selem, Men Tiwas teken Men Sugih, Cupak teken Grantang, Pan Balang Tamak, Rare Angon, dan Timun Mas, say greetings; Om Suastiastu and Om Santih, Santih, santih Om\ The obligations to pray like mebanten saiban, mebanten canang, and mebanten segehan. Furthermore, from the findings it was found the analysis of children's story books that were filled with local culture as a reference to the contents of children's story that could  be used to develop the content of attitude and learning themes The Rich Of My Country Class 4 Curriculum 2013 Elementary School.

 

Keywords: Children’s Story; Etnopedagogik; Learning Content; Attitude Content


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, C., Karim S., Tri K. (2009). Etnopedagogi: Landasan Praktik Pendidikan Guru. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Agustian, A.G 2009 Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emotional dan Spiritual (ESQ). Jakarta : Arya

Dantes, N.2017. Pedagogik Dalam Perspektif. Undiksha Press : Singaraja

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Andi Offset : Yogyakarta

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tahun 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Golemen, Daniel. 2006. Emosional Intelligence,Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada EQ. Jakarta : Gramedia.

Gregory, R.J.2000 Psychological Testing : History, Principles and Applications Boston:allyn & Bacon

HJ. Rosdiana, Y, dkk.2013.Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Pamulang

Hatarti, Anita, Sri Sumarni, Syafadaningsih, Tahun 2018, Pengembangan Media Big Book Berbasis Dongeng Sumatra Selatan Pada Anak Kelompok B Di Paud Pembina Nibung, Ogan Ilir: Universitas Sriwijaya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No. 67 Tahun 2013. Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2016. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2016. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, H.2009.Sastra Anak: Dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta:Graha Ilmu

http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196711031993032-NOVI_RESMINI/SASTRA_ANAK_DAN_PENGAJARANNYA.pdf diunduh tanggal 1 desember 2019

https://id.wikihow.com/Menulis-Cerita-Anak diunduh tanggal 1 Desember 2019

http://digilib.unila.ac.id/8488/15/BAB%20II.pdf diunduh tanggal 1 Desember 2019

Nurgiantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, N.L.M.T, Tahun 2017, Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal, Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar,Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha. http : //ejournal.undiksha.ac.id/JIPP/article/download

Prasetya, Nugraha Sirilus, Tahun 2017, Pengembangan Buku Cerita Berganbar Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri Dayuharjo. Tahun 2017, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Taro,M.2008. Dongeng-Dongeng Sepanjang Abad. Denpasar: Sanggar Kukuruyuk dan Arti Foudation

Taro,M.2008.Kisah orang-orang Dungu. Denpasar : Sanggar Kukuruyuk dan Arti Foudation

Taro,M.2014. Mendongeng dan bermain sepanjang waktu. Yogyakarta : Media Kreativa

Sarumpet, R.K.T.2003. Struktur Bacaan Anak, dalam “Tehnik Menulis Cerita anak”. Yogyakarta : Pink Books, Pusbuk, dan Taman Melati.

Schleicher, Andreas. 2018. PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD.

Sutiarsih, Ni.Ketut.,A.A.I.N Marhaeni, dan N.Dantes.2016. Pengembangan Prototipe Buku Cerita Anak Bermuatan Budaya Lokal Melalui Analisis Muatan Sikap dan Muatan Pembelajaran Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kurikulum 2013 Kelas 5 Sekolah dasar. Tesis. Singaraja : UNDIKSHA

Titik WS, dkk.2012 Kreatif Menulis Cerita Anak. Bandung:Nuansa

Umbara, S.P. 2011. Pengaruh Penerapan Assesment Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau Dari Sikap Sosial. Tesis. Singaraja : UNDIKSHA

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoesia.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i2.3524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.