STUDI EVALUASI KESIAPAN MELAKSANAKAN PROGRAM PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL (PBKL ) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ( SMA ) NEGERI 1 PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR

A H S I N . .

Abstract


ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan  tingkat kesiapan melaksanakan  program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) di SMA Negeri 1 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur dan kendala yang dihadapi dalam upaya mempersiapkan pelaksanaan program  PBKL. Penelitian Evaluasi  ini termasuk penelitian ex post facto, menggunakan model CIPP. Akan tetapi karena program masih dalam proses persiapan maka produks belum ada, untuk itu  penelitian ini dimodifikasi dengan hanya mengevaluasi  3 (tiga) Komponen/Variabel yaitu CIP. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara,  sebagai pelengkap digunakan observasi.

Data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis secara deskriptif  kuantitatif menggunakan kreteria ideal teoretik, Z-skor dikonversi ke dalam T-skor di masukkan ke dalam  kreteria kuadran Glickman, sedangkan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat kesiapan SMA Negeri 1 Pringgabaya untuk melaksanakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) ditinjau dari variabel konteks adalah Siap, 2) Tingkat kesiapan SMA Negeri 1 Pringgabaya untuk melaksanakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) ditinjau dari variabel input  adalah Siap, 3) Tingkat kesiapan SMA Negeri 1 Pringgabaya untuk melaksanakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) ditinjau dari variabel proses  adalah Siap, 4) Tingkat kesiapan SMA Negeri 1 Pringgabaya untuk melaksanakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) adalah Siap, 5) Kendala yang dihadapi dalam implementasi program RPBKL adalah sistem pengelolaan yang belum transfaran, sarana prasarana yang masih terbatas dan kualitas SDM yang masih kurang,  6) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah adalah dengan cara mengadakan sosialisasi yang maksimal, sistem pengelolaan secara transafran,Peningkatan kualitas SDM dan   melakukan kerjasama antara sekolah dengan komite, dewan guru, orang tua siswa, tokoh masyarakat dan Dinas terkait dan pemerintah secara optimal agar seluruh warga sekolah dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing- masing.

Kata Kunci : Studi Evaluasi, Tingkat Kesiapan, dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL).

 

ABSTRACT

This study aim at determining the level of preparedness and obstacles encountered for carrying out the Local Excellence-Based Education  Program (PBKL)in SMA Negeri 1 Pringgabaya East Lombok regency. This research is ex-post facto research, using the CIPP Model. However, cause of this program is still in process of preparing, so this study was modified to evaluate only three (3) components / variables: those are CIP.  Methods of data collection used are a questionnaire, interview, while observation used as a complement method.

Primary data collected through the questionnaires were analyzed quantitatively using descriptive ideal theoretical criteria and Z-score. The data then converted into a T-score and the quadrant Glickman, while secondary data that was collected through interviews were analyzed qualitatively. The results showed that: 1). The readiness of SMA Negeri 1 Pringgabaya to implement the Local Excellence-Based Education Program (PBKL) viewed from context is Ready, 2) The readiness of SMA Negeri 1 Pringgabaya to implement the Local Excellence-Based Education Program (PBKL) viewed from the input is Ready, 3) The readiness of SMA Negeri 1 Pringgabaya to implement the Local Excellence-Based Education Program (PBKL) viewed from process is Ready, 4) The readiness of SMA Negeri 1 Pringgabaya to implement the Local Excellence-Based Education Program (PBKL) is Ready, 5) The constraints encountered in implementing the program RPBKL are the management system that has not been transparent,  limited infrastructure, the quality and quantity of the limited human resources, 6) The efforts that can be used in addressing the problem is hold a maximum of socialization, the transparent management systems, upgrade human resources quality and enhance the quality of cooperation among the school committee, board of teachers, parents, community leaders and government to make the best effect to the whole of the school community and may have role in accordance with the duties and functions of each.

 

Keywords:    Evaluation Study, Level of Preparedness, and Local Wisdom-Based Education (PBKL).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.